Gawat, Korupsi Dana Bansos Seret Cita Citata, Namanya Disebut dalam Sidang Tipikor

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kapanlagi.

Aliran dana korupsi dana bantuan sosial Covid-19 sudah memulai persidangan. Dalam persidangan yang dilaksanakan di Pengadilan Tipikor, Senin 8 Maret 2021 ada nama artis yang terseret.

Dia adalah Cita Citata. Artis kelahiran Bandung 26 tahun silam itu namanya tersangkut. Diduga ada aliran dana sebesar Rp150 juta ke rekeningnya. Wow!

Mengutip Inews, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan bansos sembako Covid-19 pada Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos Matheus Joko Santoso menyampaikan rincian penggunaan Rp14,7 miliar.

Uang tersebut berasal dari fee perusahaan penyedia bantuan sosial (bansos) sembako Covid-19.

“Rp14,7 miliar yang diberikan ke menteri kurang lebih sebesar itu, dari jumlah itu Rp8,4 miliar saya berikan ke Pak Menteri melalui Pak Adi,” kata Matheus di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin.

Matheus bersaksi untuk dua terdakwa, yaitu untuk Harry Van Sidabukke yang didakwa menyuap Juliari senilai Rp1,28 miliar.

Satu lagi adalah Ardian Iskandar Maddanatja yang didakwa memberikan suap senilai Rp1,95 miliar, terkait penunjukan perusahaan penyedia bansos sembako Covid-19.

Adi yang dimaksud adalah Adi Wahyono, yang menjabat Kabiro Umum Sekretariat Jenderal Kemensos. Dia juga menjabat Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Satuan Kerja Kantor Pusat Kemensos tahun 2020 dan PPK pengadaan bansos sembako Covid-19.

“Dalam BAP 78 saudara mengatakan setelah menerima uang, menteri mengevaluasi penerimaan uang dan atas arahan menteri uang tersebut dibayarkan untuk beberapa keperluan, ini benar?” tanya jaksa penuntut umum KPK Muhammad Nur Azis.

Artikel Lainnya