nyedulur.com

Gawat, Garuda Indonesia Diperiksa KPK Inggris, Apa Kata Erick Thohir?

Suara
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Garuda Indonesia tengah menjadi sorotan lembaga hukum internasional. Kali ini yang memelototi adalah KPK Inggris atau Serious Fraud Office (SFO) yang tengah melakukan investigasi di Indonesia.

Lembaga antirasuah ini tengah melakukan penyelidikan aktif atas dugaan penyuapan dan korupsi. Dugaan itu sehubungan dengan kontrak dan atau perintah dari Garuda Indonesia.

Dikutip dari Aerotime melalui Suara, SFO bahwa Garuda Indonesia yang berbasis di Indonesia mengoperasikan 18 jet regional Bombardier CRJ-1000.

Kesepakatan untuk memperoleh pesawat diselesaikan selama Singapore Airshow pada Februari 2012. Di mana maskapai penerbangan tersebut pada awalnya setuju memperoleh enam pesawat CRJ-1000, dengan opsi untuk menerima pengiriman 12 jet tambahan. Kesepakatan itu bernilai USD1,32 miliar.

“Karena ini adalah investigasi langsung, SFO tidak dapat memberikan komentar lebih lanjut,” bunyi pernyataan kantor tersebut.

Garuda Indonesia menerima pengiriman jet regional pertama buatan Kanada pada Oktober 2012. Bombardier mengirimkan CRJ1000 terakhir ke maskapai pada Desember 2015.

Lantas apa kata Menteri BUMN, Erick Thohir? Dia mendukung upaya yang dilakukan SFO atau KPK Inggris. Menurutnya langkah ini bagian dari bersih-bersih yang dilakukannya di BUMN. Ini pernyataan resmi Erick Thohir.

Artikel Lainnya