nyedulur.com

Gawat, FPI Tak Gubris Organisasinya Belum Terdaftar di Kemendagri

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan status FPI sebagai ormas telah berakhir pada Juni 2019 silam. Dalam kurun waktu satu tahun lebih ini organisasi pimpinan Rizieq Shihab itu belum kunjung melakukan perpanjangan.

Sejauh ini FPI belum menyerahkan AD/ART organisasi sebagai syarat sebagai ormas di Indonesia. Namun masalah ini tak digubris oleh kubu FPI.

Dikutip dari Kumparan, Kuasa Hukum FPI, Aziz Yanuar mengaku tidak terlalu risau. Ada atau tidaknya Surat Keterangan Terdaftar (SKT) tidak berpengaruh bagi organisasi.

“FPI enggak peduli. Mau diterbitkan atau tidak diterbitkan SKT, toh bagi FPI tidak ada manfaat sedikit pun. Tanpa SKT pun FPI tetap akan menjadi pembela agama dan pelayan umat,” ujar Aziz Yanuar dikuti Kumparan, Sabtu 21 November 2020.

Aziz menyebut, sebuah ormas tidak wajib mendaftar ke Kemendagri. Menurut dia, adanya izin FPI dan mendapat SKT hanya mendapat manfaat berupa anggaran dari negara. 

“Pendaftaran demi mendapatkan SKT hanya untuk akses mendapatkan dana bantuan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. FPI selama ini mandiri secara dana, tidak pernah minta dana APBN,” Aziz menjelaskan.

Lebih lanjut, Aziz mengatakan, FPI sudah menunjukkan itikad baik. Ini keterangannya.

Artikel Lainnya