Gawat, Banjir Jombang Belum Surut, Tingginya Genangan Membuat Ternak Tak Dapat Pasokan Rumput

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Beritajatim.com.

Banjir yang menerjang Desa Gondangmasni, Kecamatan Bandar Kedungmulyo mulai mengancam warga. Bukan lagi rumah yang menjadi ketakutan warga.

Serangan penyakit kulit akibat banjir belum surut menjadi momok. Belum lagi persoalan pakan ternak yang turut diungsikan untuk menghindari banjir.

Sapi dan kambing yang berada di lokasi pengungsian tidak bisa mendapat pasokan rumput sesuai kebutuhan. Ternak warga yang diungsikan hanya makan dedaunan seadanya.

“Kami juga butuh pakan ternak. Karena selama tiga hari, sapi-sapi ini makan dedaunan seadanya. Kami tidak bisa mencari rumput,” kata Suparyanto (62), warga Gondangmanis yang sedang menunggui sapi miliknya, dikutip dari Beritajatim.

Banjir besar membuat sejumlah hewan ternak diungsikan ke tempat lebih aman. Sapi dan kambing tersebut mulai dievakuasi sejak Jumat 5 Februari 2021 dini hari.

Sebagian besar, sapi diletakkan di depan balai desa. Mamalia ini berjajar sepanjang jalan. Jumlahnya puluhan ekor. Para pemiliknya membuat tenda darurat dari terpal tidak jauh dari lokasi. Di tenda itulah mereka tidur dan beristirahat.

“Kami menunggu (ternak) setiap hari. Kalau tidur, ya di terpal itu. Kalau kami tinggal, takut sapinya digondol maling. Sekali lagi, kami tidak punya lagi stok untuk pakan sapi,” kata Suparyanto yang diamini pemilik sapi lainnya.

Artikel Lainnya