Gawat, Akun WhatsApp Bisa Diblokir Mulai 15 Mei, Bila Aman, Ikuti Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Kehadiran WhatsApp (WA) mampu menjadi perubahan besar dalam dunia digital. Bahkan WA sanggup menggusur BlackBerry Messenger (BBM) yang telah lebih dulu ada.

Perusahaan yang didirikan Brian Acton dan Jan Koum itu telah digunakan banyak pengguna di seluruh dunia. Aplikasi obrolan ini lebih simpel dan mudah dioperasikan semua level usia.

Tapi baru-baru ini fitur WA menjalankan kebijakan privasi baru yang mulai berlaku 15 Mei 2021. Kebijakan tersebut sempat tertunda hingga tiga bulan lamanya setelah banyak penolakan dari pengguna, karena khawatir data pribadi mereka disalahgunakan.

Mengutip Kumparan, Banyak pengguna WA bertanya-tanya, apa yang terjadi setelah berlakunya kebijakan privasi baru. Apakah akun pengguna yang menolak aturan itu bakal diblokir hingga dihapus? Fitur apa saja yang tidak bisa digunakan?

Bagi pengguna yang telah menerima syarat dan ketentuan yang baru tetap dapat menggunakan WhatsApp untuk mengobrol dengan keluarga dan teman mereka dengan aman dan normal seperti biasa.

Sementara, nasib para pengguna WhatsApp yang belum menerima akan mulai dihujani notifikasi alias mendapat pemberitahuan secara terus menerus sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

WhatsApp memastikan bahwa akun pengguna yang menolak tidak akan dihapus pada tanggal 15 Mei, dan mereka juga tidak kehilangan riwayat chat dan cadangan pesan.

Akun WA masih bisa menjawab panggilan suara dan video yang masuk, membalas pesan dari notifikasi (hanya dapat mengirim pesan teks) dalam beberapa pekan, tetapi tidak dapat membuka daftar obrolan karena ada notifikasi tentang Terms of Service.

Terdapat delapan fitur yang tak bisa digunakan pengguna WA yang menolak aturan privasi baru

Akun pengguna yang menolak kebijakan baru akan dibatasi untuk menggunakan beberapa fitur WhatsApp. Apa saja sih?

Artikel Lainnya