nyedulur.com

Gaes, Waspada Bila Berkendara di Papua, Jangan Nabrak Babi, Dendanya Ngeri, Setara Harga Honda PCX

Nyedulur
  • 5 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kumparan.

Babi bukan sekadar hewan peliharaan bagi masyarakat Papua. Binatang peliharaan ini bukan sebagai ternak, tetapi sekaligus dijadikan aset yang lengkap bagi penduduk setempat.

Selain sebagai tabungan, babi juga bisa dijadikan mas kawin, menu utama dalam tradisi bakar batu, dan membantu membajak kebun. Bahkan persoalan adat dan perang suku dapat diselesaikan dengan babi.

Masyarakat setempat memelihara babi begitu bebas. Pagi dilepas, sore ternak tersebut dimasukkan ke dalam kandang. Persis masyarakat pedesaan di Jawa dalam memelihara ayam atau bebek. Ternak tersebut juga dilepas liar di kampung-kampung, sawah dan perkampungan. 

Itu sebabnya ada peringatan keras bagi pengendara motor atau mobil di Papua. Jangan ugal-ugalan. Bila menabrak babi, denda yang harus dibayar bisa setara dengan Honda PCX 160 model paling anyar!

“Babi bebas berkeliaran di jalan raya. Untuk itu bagi pengendara mobil atau sepeda motor harap berhati-hati, jangan sampai menabrak babi. Risikonya adalah harus bayar denda atau ganti rugi yang tidak sedikit,” kata Peneliti Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto Hari, mengutip Detik

Hari menjelaskan jika yang tertabrak babi kecil, pengendara bisa dikenakan ganti rugi layaknya babi dewasa. Sementara dendanya bisa mencapai Rp 30 jutaan. Angka itu hampir sama dengan Honda PCX 160, yang dijual sekitar Rp30 juta OTR Jakarta.

Lebih mahal lagi jika yang ditabrak adalah babi betina. Pengendara harus membayar setara dengan harga babi dewasa dikalikan jumlah puting susu babi betina.

Seperti diketahui, harga babi dewasa di Papua sekitar Rp 15 juta per ekor. Tapi harga babi di pegunungan Papua bisa mencapai Rp 30 juta per ekor.

Lebih sial lagi, jika pelaku melarikan diri. Maka setiap mobil lain yang memiliki warna sama, mendapat getahnya. Kendaraan tersebut harus melakukan ganti rugi meski tidak melakukannya.

“Jika ada pengendara yang menabrak babi kemudian kabur atau tabrak lari, maka yang kena denda yaitu pengendara lain yang lewat jalan tersebut. Biasanya pengendara yang kena sasaran adalah yang warna mobilnya sama dengan penabrak,” Hari menambahkan.

Artikel Lainnya