Gaes, Tolong Jangan Sebar Foto Bayi Selamat dari Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Dunia jagat maya dihebohkan beredarnya foto salah satu penumpang Sriwijaya Air selamat. Hal yang membuat menyedihkan di foto itu ada bayi yang lolos dari maut saat pesawat jatuh di peraira Kepulauan Seribu, Sabtu 9 Januari 2021.

Foto tersebut beredar di berbagai platform media sosial. Khususnya Facebook pada Minggu 10 Januari 2021. Bahkan satu hari kemudian Facebookers masih mengunggah foto tersebut. Sedih deh.

Di dalam narasinya, bayi tersebut selamat dari kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182. Foto dilengkapi dengan caption seolah-olah bayi tersebut sempat terobang-ambing di lautan selama 24 jam.

Namun, klaim bayi selamat dari kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182 itu merupakan informasi tidak benar. Hoaks atau hoax. Berikut beberapa fakta yang sudah dirangkum mengenai bayi tersebut dari Liputan6.

Sebetulnya, bayi itu merupakan korban tenggelamnya Kapal KM Lestari Maju pada 3 Juli 2018. Kapal itu tenggelam di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan.

Malang banget bayi itu dijadikan bahan hoaks. Sebab bukan kali pertama foto bayi korban tenggelamnya Kapal KM Lestari Maju dijadikan bahan hoaks. Foto serupa sempat beredar juga saat pesawat Lion Air JT 610 jatuh dua tahun silam.

Saat itu, foto yang sama digunakan untuk menyebar hoaks kecelakaan pesawat naas rute Jakarta-Pangkalpinang yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, 29 Oktober 2018.

Dikutip dari Suara melalui Liputan6, bayi yang menjadi korban hoaks kecelakaan Sriwijaya Air itu bernama Aditya. Ini alamat rumahnya.

Artikel Lainnya