Gaes, Teliti Label Makanan Kemasan, Sederhanta Tapi Penting untuk Cegah Obesitas

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Exame/Getty Images.

Kelebihan berat badan atau obesitas selalu menjadi momok bagi kesehatan tubuh. Orang yang menderita obesitas rentan timbulnya berbagai penyakit. Di antaranya penyakit jantung dan stroke, diabetes tipe 2, batu empedu, osteoarthritis, hingga kanker.

Di sisi lain, kondisi pandemi saat ini menjadi tantangan tersendiri. Angka obesitas bisa meningkat karena adanya kebiasaan baru.

Kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH) yang membuat sejumlah orang menjadi lebih sering berada di depan gadget dibanding bergerak.

Mengutip Kontan, kebiasaan memesan makanan secara online, memaksa konsumsi makanan siap saji dan pangan olahan terus meningkat.

“Pola hidup seperti itu dapat meningkatkan risiko obesitas. Padahal, obesitas terkait dengan tingkat keparahan Covid-19,” kata Direktur Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan RI DR. Dhian Dipo, MA.

Kendati demikian, tetap ada cara untuk mencegah terjadinya obesitas di tengah pandemi. Caranya sederhana. Yakni kesadaran masyarakat untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat. Dengan pola hidup sehat dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Ini tentunya berpengaruh terhadap perlindungan diri agar terhindar dari Covid-19. Salah satu langkah untuk memulai gaya hidup sehat adalah menerapkan pola makan gizi seimbang.

Caranya dengan mengonsumsi aneka ragam makanan dari sumber pangan lokal sesuai panduan 'Isi Piringku'.

Menurut panduan tersebut, dalam sekali makan, piring harus berisi setengah porsi sayuran dan buah serta setengahnya lagi makanan pokok dan lauk-pauk. Porsi sayur harus lebih banyak dibanding buah.

Demikian juga dengan porsi makanan pokok yang lebih banyak dibanding lauk-pauk. Tak hanya itu, asupan gula, garam, dan lemak juga harus diperhatikan.

Idealnya dalam sehari konsumsi gula tidak lebih dari 50 gram atau setara dengan empat sendok makan.

Selain pangan lokal, mengonsumsi pangan olahan juga diperbolehkan untuk memenuhi kebutuhan gizi. Namun jangan terlalu sering. Lalu, sebelum membeli atau mengonsumsi pangan olahan, ada baiknya memerhatikan label kemasan.

Artikel Lainnya