Gaes, Sebelum Traveling ke Mancanegara, Cek Paspor Dulu, Ada Masa Berlakunya, Lho

Nyedulur
  • 21 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Keliling negara banyak diimpikan traveller di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Baik untuk urusan bisnis maupun berwisata, jalan-jalan ke luar negeri sangat mengasyikkan.

Selain bisa mengenal budaya bangsa, bisa digunakan untuk meningalkan jejak digital. Perjalanan selama di luar negeri bisa diungah ke media sosial.

Tapi perlu diketahui, bahwa ke luar negeri wajib memiliki paspor. Sementara paspor memiliki masa berlakunya. Ada yang tahu?

Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh negara sebagai bentuk identitas dari si pemegangnya. Sementara paspor hanya berlaku untuk perjalanan antar negara.

Mengutip Detik melalui website Direktorat Jendral Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI, Senin 29 Maret 2021, masa berlaku paspor telah dicantumkan pada Peraturan Pemerintah RI Nomor 51 Tahun 2020 yang berisi:

Masa berlaku Paspor biasa paling lama 10 (sepuluh) tahun sejak tanggal diterbitkan.

Sementara masa berlaku Paspor biasa yang diterbitkan bagi anak kewarganegaraan ganda tidak boleh melebihi batas usia anak untuk menyatakan memilih kewarganegaraannya.

Batas usia sebagaimana dimaksud pada ayat (2) ditentukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Jadi bagaimana para traveler, apakah sudah memeriksa masa berlaku paspor nya? Bila ternyata paspor sudah dinyatakan kadaluwarsa, jangan lupa untuk segera memperpanjang ya! Stay safe traveler.

Artikel Lainnya