Gaes, Manfaat Minum Kopi sebelum Gowes Cukup Bagus, Bisa Naikkan Performa

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Pinterest.

Minumlah kopi sesuai takaran. Dan jangan melebihi takaran. Itulah pesan yang disampaikan ahli bedah thoraks kardiak & vaskular, dr. Dhany Prasetyanto, Sp.BTKV, FIHA.

Dokter sekaligus cyclist itu menyebut kafein dalam kopi sebenarnya memiliki efek yang baik. Asal dikonsumsi dalam takaran yang sesuai agar mendapat manfaat yang cukup bagus.

Mengutip Main Sepeda, Dhany Prasetyanto menyebut kopi dan sepeda adalah dua elemen yang tak terpisahkan. Cukup banyak cyclist mengonsumsi kopi sebelum gowes di pagi hari.

“Terutama buat pesepeda yang ingin menurunkan berat badan. Ada sebuah studi yang mengatakan, jika meminum kopi saat perut kosong kemudian melakukan aktivitas, maka akan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh,” ungkapnya.

Dia menjelaskan minum kopi sebelum bersepeda memiliki sejumlah manfaat. Bukan sekadar meningkatkan performa, kopi diyakini baik untuk menurunkan berat badan. Terkait kopi yang dikonsumsi, dia menyarankan agar meminum kopi hitam murni.

“Kopi hitam murni, ya americano lah. Sebenarnya ada dosisnya. Kalau tidak salah tiga gram kafein per berat badan untuk sekali minum,” Dhany menjelaskan.

Selain baik untuk yang ingin diet, kandungan kafein dalam kopi termasuk salah satu stimulan pada sistem saraf. Kafein dapat meningkatkan hormon norepinefrin. Hormon ini memiliki efek yang sama seperti hormon adrenaline.

“Jadi menstimulasi jantung untuk berdenyut lebih cepat. Sehingga meningkatkan performa dan kontraksi jantung,” imbuhnya.

Akan tetapi, setiap orang memiliki efek kafein yang berbeda-beda. Ada yang sensitif terhadap kafein ada yang tidak sensitif.

“Misalnya orang yang tidak tahan karena masalah pencernaan dan segala macam. Yang punya masalah ini memang tidak disarankan untuk meminum kopi,” jelas dr. Dhany.

Dia juga mengingatkan para cyclist agar tidak mengonsumsi terlalu banyak kafein. Sebab dapat menimbulkan efek yang tidak bagus.

Artikel Lainnya