Gaes, Makanan Berfermentasi Bisa Redakan Stres, Kimchi juga Ampuh

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Tribun.

Sebagian orang pernah merasakan stres. Baik karena masalah pekerjaan, belajar atau pada situasi pandemi covid-19 saat ini. Sementara tiap-tiap orang memiliki kemampuan meredakan stres.

Stress sebisa mungkin dikendalikan. Karena hal ini berakibat serius pada kondisi kesehatan fisik dan emosional bila dibiarkan berlarut-larut. Bahkan juga bisa berisiko depresi, atau yang lebih buruk adalah serangan jantung.

Maka dari itu, untuk menghindari ataupun menghilangkan stres, cobalah mengonsumsi beberapa makanan dan minuman, seperti dilansir Kompas.

Jika mampir ke kafe atau supermarket, belilah bubuk teh hijau atau matcha. Minuman ini dikenal kaya akan L-theanine, asam amino nonprotein dengan sifat pereda stres yang kuat. Matcha merupakan sumber asam amino yang lebih baik daripada jenis teh hijau lainnya.

Studi pada manusia dan hewan menunjukkan, matcha dapat mengurangi stres jika kandungan L-theanine-nya cukup tinggi dan kafeinnya rendah.

Ubi jalar menjadi sumber karbohidrat kaya nutrisi utuh. Makanan khas pedesaan ini dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol. Stres kronis dapat menyebabkan disfungsi kortisol, yang bisa memunculkan peradangan, nyeri, dan efek samping lainnya.

Sebuah studi selama delapan minggu pada wanita obesitas, menemukan makanan yang kaya akan karbohidrat pada nutrisi secara signifikan mempunyai tingkat kortisol saliva yang lebih rendah daripada tinggi karbohidrat olahan.

Ubi jalar dikemas denggan nutrisi yang penting untuk merespons stres, seperti vitamin C dan kalium.

Kabar baik bagi pecinta masakan asal Korea Selatan. Salah satunya adalah kimchi. Hidangan yang bersumber sayur fermentasi, dan biasanya dibuat daari kubis napa dan daikon, sejenis lobak.

Makanan fermentasi seperti kimchi dikemas dengan bakteri menguntungkan yang disebut probiotik serta tinggi vitamin, mineral, dan antioksidan. Penelitian mengungkapkan, makanan fermentasi dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Sebuah penelitian yang melibatkan 710 orang dewasa muda, menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan fermentasi, mayoritas lebih sedikit mengalami gejala kecemasan sosial.

Selain itu, daftar menu makanan ini juga bisa meredakan rasa stress, lho.

Artikel Lainnya