nyedulur.com

Gaes, Kata Ahli, Pakai Piyama saat WFH Penuh Risiko, Ini Penjelasannya

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: freepic.

Beberapa perusahaan memilih menerapkan work from home (WFH) selama pandemi covid-19. Langkah ini bagian dari pencegahan penularan virus corona, dengan mengurangi intensitas pertemuan.

Ada banyak keuntungan bisa mengerjakan tugas di rumah. Salah satunya bebas bertingkah. Mau bekerja di kursi, di atas kasur atau di dapur sambal nyemil. Juga bisa bebas mengenakan pakaian apa saja. Piyama misalnya.

Kadang malah belum mandi. Yang penting nyaman. Sebetulnya pola tersebut tak disarankan karena tidak sesuai anjuran kesehatan. Salah satunya adalah sorotan mengenakan piyama saat WFH.

Medical Journal of Australia melalui Wolipop, mengenakan pakaian untuk tidur digunakan bekerja bisa mengganggu mental dan kesehatan jiwa. Wuik!

Eksperimen telah dilakukan untuk mengetahui apakah busana mempengaruhi produktivas kerja saat WFH. Para peneliti pun meminta sejumlah staf (peneliti dan bukan peneliti) serta mahasiswa di lima institut medis di Sydney, New South Wales.

Hasil studi mengungkap bahkan jika partisipan hanya memakai baju tidur sehari dalam seminggu, mereka mengalami penurunan kualitas kesehatan mental selama bekerja di rumah.

Banyak orang berpikir jika piyama tidak baik dipakai saat kerja. Konon piyama bisa membuat malas bekerja. Namun penelitian membuktikan pemakaian baju tidur tidak terlalu berdampak dengan produktivitas secara keseluruhan.

Kadang hal ini juga bisa berbeda untuk setiap orang. Berdasarkan studi, pekerja yang juga merupakan orang tua terlihat tidak memiliki banyak masalah mental selama WFH.

Namun secara produktivitas menurun karena adanya anak-anak. Begitu juga dengan pekerja yang baru memulai karier cenderung lebih mudah terganggu produktivitasnya dibanding rekan-rekan senior selama pandemi.

Penelitian ini tidak berbicara bahwa piyama akan menyebabkan masalah kesehatan mental yang serius di masa depan. Tapi yang pasti mengenakan busana lebih rapi saat WFH bisa membantu mengurangi keparahan depresi.

Artikel Lainnya