Gaes, Cukup Banyak Kucing Langka di Indonesia, Jenisnya Malah Mudah Dijumpai di Sekitar Rumah

Nyedulur
  • 21 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Cukup banyak binatang di Indonesia yang sudah punah. Sebut saja harimau jawa yang sudah tidak ada jejaknya. Konon binatang ini terakhir dijumpai di Banyuwangi, Jawa Timur dan telah dinyatakan punah pada 1970-an.

Kemudian ada harimau Bali, tikus gua Flores, tikus pohon verhoeven dan tikus hidung panjang Flores juga sudah dinyatakan punah.

Nah beberapa hewan lain yang dinyatakan punah meluputi harimau Sumatra, gajah Sumatra, cendrawasih, orangutan, jalak Bali, dan badak Jawa. Kesemuanya telah dilakukan konservasi di habitatnya masing-masing.

Tapi ada juga beberapa binatang yang terancam punah dan kini dilindungi pemerintah. Jenisnya kucing, dan kadang-kadang mudah dijumpai di sekitar rumah Anda.

Mengutip Merdeka, kucing merah Kalimantan masuk kategori dilindungi. Binatang ini juga biasa disebut Bornean Bay Cat, hanya hidup di hutan-hutan Kalimantan.

Bentuk tubuhnya yang mirip macan. Kucing ini memiliki bulu yang didominasi warna merah yang lebih pucat ketimbang warna kepalanya.

Kucing hutan berikutnya adalah Kucing Bakau. Ukuran tubuhnya lebih besar. Sayangnya, kucing ini terancam punah karena lahan basah yang jadi habitatnya banyak yang rusak.

Kucing ini menghabiskan sepanjang hidup di rawa-rawa bakau dan tepian sungai. Spesies kucing hutan ini juga dikenal pandai berenang dan pintar berburu ikan.

Bagi yang tinggal di wilayah Jawa Timur tidak asing dengan macan rembah. Binatang ini biasa disebut Kucing Blacan dengan nama ilmiah prionailurus bengalensis.

Kucing ini juga memiliki beberapa nama panggilan lain seperti kucing congok, macan akar, kucing kuwuk. Kucing hutan ini juga populer dengan sebutan Asian Leopard Cat. Selain punya corak bulu mirip macan tutul, kucing blacan jago memanjat, berenang, dan mencari mangsa di malam hari.

International Union Conservation of Nature (IUCN) memasukkan Kucing Emas Asia sebagai hewan endemik dan terancam punah. Nama lain kucing ini adalah Kucing Temminck, dan sering diburu untuk diambil kulitnya. Binatang berbulu emas kemerahan ini hanya bisa ditemukan di Sumatra dan Kalimantan.

Terakhir adalah Kucing Batu. Sekilas, binatang ini mirip dengan jenis kucing Bengal, namun memiliki kaki dan ekor yang lebih panjang.

IUCN menyebut spesies kucing batu ini hanya tersisa 10 ribu dan tersebar di Asia Selatan dan Tenggara. Termasuk di Indoensia yang bisa ditemukan di Kepulauan Sunda.

Gaes, tidak perlu memiliki kucing hutan yang terancam punah hanya untuk membuktikan rasa cinta.

Artikel Lainnya