nyedulur.com

Gaes, Coba Tiga Makanan Khas Tuban Ini, Bisa Dijadikan Refrensi saat Berlibur

Nyedulur
  • 12 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Belum lama ini Tuban menjadi perbincangan warganet. Maklum warga Sumurgeneng Kecamatan Jenu memborong 176 mobil! Jumlah itu dibeli, setelah warga setempat mendapat ganti rugi pembelian tanah untuk kilang minyak.

Tuban, kota yang berjarak sekitar 101 km dari Surabaya ini memiliki pesona wisata yang cukup menarik. Pantai di pesisir utara kerap disinggahi pengguna jalan saat melintas. Banyak yang menikmati sunset di tepi pantai sambal mencicipi secangkir kopi.

Selain memiliki destinasi wisata yang beragam daerah yang mendapatkan julukan Kota Wali ini juga menyimpan berbagai makanan unik dan super sederhana. Lalu apa saja sih? Berikut informasi yang sudah dirangkum dari Detik.

Bagi masyarakat Tuban, becek menthok sudah cukup populer. Olahan ini dibuat menggunakan daging menthok atau itik. Makanan ini sangat familiar dan mudah ditemui di banyak rumah makan tradisional.

Umumnya makanan ini dihidangkan dengan cita rasa pedas dan gurih. Becek menthok kerap disajikan sebagai makanan istimewa saat hari spesial.

Becek Menthok terbuat dari daging itik yang sudah dibersihkan lalu dipotong-potong. Selanjutnya itik dimasak dengan cara diungkep bersama berbagai bumbu mulai dari bawang merah, bawang putih, cabai, serai, lengkuas, jintan dan merica.

Untuk membuatnya jadi 'becek' ditambahkan santan kental dan dimasak hingga empuk. Sekali coba, pasti akan mencari sensasi lagi. Apalagi daging itiknya dimasak hingga empuk dan rasanya gurih sedap.

Di Kabupaten Tuban masih banyak sawah. Tidak sulit mendapatkan belut untuk dijadikan masakan. Salah satu menu belut andalan masyarakat Tuban adalah belut pedas.

Makanan ini terbilang legendaris karena sudah turun temurun. Sesuai dengan namanya, olahan belut ini punya rasa pedas nendang. Biasanya masyarakat Tuban menyantap belut pedas dengan nasi jagung.

Mendengar ampo memang agak aneh. Kudapan unik ini khas Tuban dan tidak ada di tempat lain. Ampo bukan makanan yang terbuat dari tepung-tepungan melainkan dari tanah.

Tanah yang teksturnya liat, akan diolah dengan cara dipipihkan lalu digulung. Sebelum dimakan, ampo harus dijemur lebih dulu hingga kering. Camilan ini sangat populer di kalangan orang tua Tuban. Biasanya ampo disantap sambil menikmati kopi.

Artikel Lainnya