Gaes, Bukit Kelabba Maja Indah Banget, Ngarai Para Dewa yang Tersembunyi, Nggak Kalah dengan Grand Canyon, Di Mana?

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Instagram/jnrlavigne.

Elok. Itulah kata yang terucap saat menjejakkan kaki di atas perbukitan Kelabba Maja. Mendengar namanya memang sedikit asing ya. Betul perbukitan Kelabba Maja belum tereksplor dengan baik.

Lokasinya di Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua, Pulau Sabu/Sawu, Nusa Tenggara Timur. Pemandangannya indah. Tidak kalah dengan Grand Canyon, Arizona Amerika Serikat atau di Danaxia Landform di Cina.

Mengutip Good News From Indonesia, Kelabba Madja memiliki tebing bak ukiran indah, bergradasi aneka warna. Ada merah marun, merah muda, cokelat, dan kelabu.

Terlihat juga pilar-pilar batu berjenis granit. Warnanya merah muda dengan komposisi puncaknya seperti jamur, yang didominasi warna merah tua.

Kawasan ini belum tersentuh secara menyeluruh oleh dinas pariwisata (dispar) setempat. Untuk itu warga setempat menjaganya agar tetap lestari. Sebab warga menganggap Kelabba Madja merupakan gabungan lokasi wisata, petualangan, dan budaya.

Kelabba Madja juga erat berhubungan dengan agama dan kepercayaan warga setempat. Hingga saat ini, masyarakat sekitar percaya bahwa Kelabba Madja merupakan tempat persemayaman Dewa Maja, yang merupakan dewa bagi penduduk Dusun Kelanalalu, Desa Wadu Medi, Kecamatan Hawu Mehara.

Untuk mencapai lokasinya butuh perjuangan gaes. Bayangkan, untuk ke Kelabba Maja harus menempuh jarak sekitar 230 km! Jarak itu harus ditempuh dari Ibu Kota NTT, Kupang menuju Kelabba Maja dengan menyeberang laut Sawu.

Setelah itu Anda akan sampai di Pulau Sabu. Setiba di Pulau Sabu, selanjutnya menempuh perjalanan darat yang cukp jauh dan terjal.

Sebaiknya menggunakan porter atau pemandu dari warga setempat, ya gaes. Merekalah yang paham peta dan situasi di Pulau Sabu. Sebab lokasi Kalabba Madja sangat tersembunyi. Yakni di dekat pantai selatan Pulau Sabu.

Bukit ini juga memiliki catatan budaya yang sangat tinggi. Warga masih mempertahankan adat istiadat, kepercayaan, maupun budaya. Yuk, baca di sini.

Artikel Lainnya