Gaes, Ada Destinasi Wisata Unik di Sulawesi Tenggara, Terdapat Sungai Terpendek Sejagat, Intip Panjangnya

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Indonesia.go.id.

Orang akan mudah menebak Sungai Nil sebagai sungai terpanjang di dunia. Panjang sungai yang mengalir di Mesir ini mencapai 6.650 km. Cukup panjang, gaes. Kemudian disusul Sungai Amazon di Amerika Selatan.

Nah untuk mengetahui sungai terpendek di dunia, pasti belum banyak yang tahu. Lokasinya ada di Indonesia! Tepatnya di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Nama sungainya adalah Tamborasi yang memiliki panjang hanya 20 meter!

Tapi jangan salah. Sungai terpendek ini malah dijadikan jujugan wisata. Terlebih setelah situs terkemuka, World Atlas menuliskan prasasti Sungai Tamborasi  sebagai sungai terpendek di dunia pada 2017 lalu. Masyarakat setempat juga memberi nama sungai seperti nama desa mereka.

Keunikan Sungai Tamborasi lebih unggul dibanding Sungai Kovasselva di Pulau Hitra, salah satu pulau terbesar di negara Norwegia. Sungai Tamborasi memiliki aliran yang lebih pendek dari Sungai Kovasselva yang mengalir sepanjang 22 meter.

Mengutip situs yang dikelola Menteri Komunikasi dan Informatika bersama Menteri Sekretaris Negara menyebutkan, bahwa Sungai Tamborasi memiliki fenomena langka.

Sungai terpendek di dunia ini memiliki lebar 15 meter. Airnya sangat jernih. Saking jernihnya, dapat melihat bebatuan di dasar sungai sedalam 5 meter pada bagian hulunya.

Begitu juga dengan suhu airnya cukup dingin. Mendekati muara di Laut Flores, airnya berangsur menjadi hangat dan terasa asin khas air laut.

Hanya beberapa meter dari aliran sungai terbentang pantai berpasir putih bersih dan oleh masyarakat lokal dinamai sebagai Pantai Tamborasi. Pantai ini seperti pemisah antara aliran Sungai Tamborasi dan air laut Teluk Bone.

Menyusuri hulu sungai terpendek sejagat ini akan tampak, usai menyusuri jalan setapak sejauh 200 meter dari gerbang masuk. Sebanyak delapan anak tangga akan menyambut wistawan menuju hulu sungai berair hijau toska jernih.

Pada akhir pekan, lokasi ini banyak didatangi warga untuk berenang. Pengelola menyewakan belasan ban dalam diikat tali warna kuning kepada pengunjung untuk river tubing.

Tak sekadar berenang, pengunjung juga bisa bersantai di sejumlah gazebo yang telah dibangun pengelola. Coba deh, berkunjung ke Kolaka. Jaraknya tidak jauh dari Kendari, Ibu Kota Sulawesi Tengrara. Cuma empat jam perjalanan darat sepanjang 300 kilo meter.

Artikel Lainnya