FPI Bubar! Tapi Diduga Terlibat Aksi Terorisme, Mantan Petinggi Meradang, Aziz Yanuar: Ada Upaya Pembusukan

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Liputan6.

Front Pembela Islam sudah dibubarkan pemerintah. Tapi namanya masih saja menjadi sorotan. Salah satunya beberapa aksi terorisme yang terjadi di Indonesia, tak lepas dari dugaan keterlibatan FPI.

Dua aksi terakhir adalah aksi peladakan bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan dan di Mabes Polri, Jakarta. Keduanya diduga ada kaitan dengan FPI. Malahan eks sejumlah petinggi organisas yang sudah bubar itu diduga terlibat.

Munarman, mantan juru bicara FPI kerap dituding berkaitan dengan dua aksi tersebut. Hal inilah yang membuat mantan petingi organisasi terlarang itu angkat bicara.

Mantan kuasa hukum FPI, Aziz Yanuar kini berbicara keras. Dia membantah bahwa FPI tidak ada kaitannya dengan aksi terorisme di Indonesia. Kini dia menduga ada framing yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu.

“Jika FPI yang nyata sudah bubar masih juga dikaitkan, itu namanya upaya pembusukan kepada FPI,” kata Aziz Yanuar, mengutip Genpi, Senin 5 April 2021.

Lagi pula, Aziz mengeklaim bahwa FPI saat masih eksis tidak memberi tempat pada ideologi radikal pun orang-orang yang menganutnya.

“Orang-orang yang sok radikal dan ngotot maunya sendiri pasti sudah dikeluarkan,” bantahnya.

Karena ketegasan tersebut, maka FPI menurutnya bukanlah tempat bagi para teroris.

“Orang-orang itu (pemahaman menyimpang) tidak diterima di FPI yang wasathiyyah,” Aziz yang kini menjadi kuasa hukum Habib Rizieq Shihab itu..

Dugaan keterlibatan anggota ormas itu dalam aksi terorisme terungkap dalam sejumlah penangkapan yang dilakukan Tim Densus 88 Antiteror.

Belasan terduga teroris yang diciduk dari Makassar, Sulawesi Selatan dan Gorontalo pada Januari lalu mengaku menjadi anggota FPI cabang Makassar.

Bahkan salah seorang menyebut bahwa pada 2015 silam dia dan banyak anggota lain dibiat untuk setia pada ISIS.  Di momen pembaiatan itu, salah satu petinggi FPI yakni Munarman diduga terlihat.

Artikel Lainnya