Fantastis, Muntahan Paus Bisa Bikin Kaya Mendadak, Harganya Senilai satu Unit Jaguar

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Shutterstock.

Tidak banyak yang tahu jika muntahan ikan paus bisa kaya mendadak. Muntahan tersebut nilainya mencapai miliaran rupiah. Tapi tidak sembarang paus. Hanya jenis paus terbesar, yakni paus sperma yang nilainya fantastis.

Paus sperma merupakan mamalia laut terbesar. Salah satu cirinya adalah kepalanya yang besar. Apalagi untuk penjantannya yang dapat mencapai sepertiga panjang badannya.

Selain itu, mereka juga memiliki otak terbesar dari semua hewan yang ada di bumi ini. Fantastis, nggak!

Muntahan paus atau bisa disebut dengan ambergris untuk satu kilogramnya bisa dihargai miliaran rupiah. Wah bisa kaya mendadak bukan.

Mengutip CNN Indonesia, ambergris merupakan produk dari paus sperma yang digunakan perusahaan-perusahaan penghasil parfum terkemuka. Sebut Chanel dan Lanvin.

Kandungan dalam ambergris diakui membantu parfum untuk mengikat permukaan kulit dan aroma parfum bertahan lebih lama.

Melansir Ambergris NZ dari CNN Indonesia, ambergris memiliki warna yang beragam. Putih, abu-abu, hitam atau cokelat, atau bahkan campuran dari warna-warna itu.

Untuk tekstur ambergris juga bervariasi. Seringkali keras seperti batu atau tanah liat kering.

Ambergris yang segar memiliki tekstur tidak keras dan agak lentur seperti tar yang sudah melunak atau meleleh. Ambergris dalam kondisi itu bisa sangat lengket dan akan lebih mudah meleleh karena panas.

Sedangkan ambergris yang berkualitas tinggi dan dihargai mahal adalah yang berwarna putih. Ambergris jenis itu memiliki lapisan lilin yang lembut.

Aroma ambergris putih cukup sulit dijelaskan. Ahli parfum menggambarkan aroma ambergris berwarna putih memiliki keharuman yang lembut dan menyenangkan.

Dosen kimia Universitas Bangor, Vera Thoss mengatakan ambergris ada yang diselimuti dengan lapisan putih lembut yang terlihat seperti kapas.

Kemudian, ada ambergris yang tampak keras atau diselimuti lilin, dan terkadang ada benda yang terperangkap di dalamnya.

Ambergris yang baru dimuntahkan paus sperma berbentuk gumpalan berwarna hitam dan perlahan memutih.

Proses penuaan ini diduga memiliki dua efek kimiawi. Yakni mengurangi bau feses karena larut dalam air dan hilang secara bertahap, mengutip The Conversation.

Konon harga ambergris minimal bisa mencapai Rp1 miliar. Tergantung warna dan jenisnya. Duit sebanyak itu sudah bisa untuk menukar Jaguar XE yang harganya Rp1,1 miliar.

Artikel Lainnya