Fantastis, Madu Termahal di Dunia Seharga Rp172 Juta, Jenisnya Ada di Indonesia?

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Luxury Lifestyle Magazine.

Sepanjang pandemi Covid-19 ini, madu menjadi buruan. Hampir masyarakat di penjuru dunia memburu cairan yang berasal dari lebah itu untuk meningkatkan imunitas.

Memang, madu memiliki manfaat yang kaya untuk kesehatan. Terlebih untuk menangkal radikal bebas, meningkatkan imunitas tubuh, meredakan batuk, dan mempercepat penyembuhan luka.

Ada banyak jenis madu di Indonesia. Sebut saja madu embun, bunga karet, kopi, randu, kaliandra, pahit bangka dan madu sumatra. Di antara madu ini harganya relatif terjangkau. Paling, ya di kisaran ratusan ribu.

Tapi ada madu yang harganya fantastis. Yakni mencapai EUR10 ribu atau sekitar Rp172 juta! Padahal harga madu di Indonesia rata-rata Rp100 ribu untuk 1 kg.

Mengutip CNN Indonesia, madu tersebut bernama centauri honey yang berasal dari sebuah gua di Turki. Madu gua ini berasal dari nektar yang berbeda dibandingkan madu pada umumnya. Nektar itu dihasilkan dari sebuah tanaman obat di sekitar gua.

Lebah yang memakan nektar itu bersarang di gua dengan ketinggian 2.500 meter di atas permukaan. Hasilnya, warna madu ini lebih gelap dibandingkan dengan madu biasa dan memiliki rasa yang agak pahit.

Madu ini dipanen hanya sekali setahun, berbeda dengan madu pada umumnya yang dipanen 2-3 kali setahun. Inilah yang menjadi alasan madu gua ini tak bisa diproduksi dalam jumlah massal.

Madu asli ini tidak bisa dijual di pasar dan toko. Mau tahu alasannya? Lebah atau tawon tidak pernah bisa membuat berton-ton madu untuk konsumsi manusia secara alami.

“Ada yang bilang itu madu yang mahal, saya menyebut ini harta dunia,” kata founder Centauri Honey Ahmet Eren Cakir, dikutip dari Guinness World Records.

Setiap sampel madu juga dikirim ke Turkish Scientific Council untuk diperiksa kandungannya (madu). Madu ini kaya akan magnesium, kalium, fenol, dan flavonoid. Kandungan ini membuat madu gua punya sifat antioksidan yang tinggi.

Artikel Lainnya