Fakta Unik Seputar Musim Dingin di Jepang, Bukan Sekadar Buat Boneka Salju

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Oriental Souls.

Siapa nih yang sudah rindu liburan musim dingin di mancanegara? Musim dingin tahun ini diprediksi terjadi antara Desember hingga Februari. Salah satunya terjadi di Jepang. Negara yang memiliki empat musim ini tidak hanya terkenal akan bunga sakura yang bermekaran di saat musim semi.

Namun, ada hal menarik lainnya saat musim dingin terjadi di Jepang. Bukan sekadar membuat boneka salju, lempar bola salju, atau berseluncur. Cukup banyak yang bisa dilalkukan di Jepang saat musim dingin.

Melansir dari Kompas, perayaan Natal di Jepang, lebih marak pada malam Natal yang jatuh pada 24 Desember dibandingkan pada 25 Desember. Biasanya mereka merayakan dengan makan bersama keluarga ataupun sahabat.

Pada malam Natal ini dikenal sebagai hari untuk pasangan sama seperti Hari Valentine. Sehingga Anda akan melihat banyak pasangan yang sedang berkencan.

Sama dengan negara lain, pada perayaan Natal anak-anak akan diberikan hadiah yang dikirimkan oleh Santa Claus.

Pada perayaan ini orang Jepang biasanya memakan masakan khas Natal seperti ayam panggang atau goreng dan juga kue strawberry shortcake. Jadi, di beberapa tempat penjual makanan tersebut Anda mungkin akan menemukan antrian.

Setiap tanggal 3 Februari di Jepang diadakan perayaan “Setsubun” dimana ada orang yang menggunakan kostum setan dan dilempari kacang. Tradisi ini diyakini dapat mengusir nasib buruk dan membawa keberuntungan.

Sama dengan di beberapa negara lain, pada 14 Februari, ada kebiasaan dimana wanita memberikan cokelat kepada teman atau kolega pria mereka. Atau bahkan pada orang yang mereka sukai untuk mengungkapkan perasaan.

Di sekolah Jepang, ada liburan musim dingin yang singkat dari sekitar Natal hingga minggu pertama Januari.

Ketika liburan berakhir, sekolah mengadakan acara kakizome (berarti tulisan pertama). Siswa akan diminta menuliskan kaligrafi huruf Kanji untuk tahun tersebut. Kegiatan ini berasal dari kebiasaan orang Jepang menulis tujuan mereka untuk tahun ini dengan kaligrafi.

Selain itu, musim dingin sangat erat image-nya dengan salju. Sehingga pada musim ini biasanya orang Jepang melakukan olahraga musiman yang hanya bisa dilakukan di musim ini seperti ski ataupun snowboard.

Artikel Lainnya