Fakta Menarik di Balik Vitamin C, Perlu Tahu Sejarah dan Kebutuhan

Nyedulur
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: freepic.

Agar tubuh tidak mudah sakit, dibutuhkan konsumsi vitamin C yang cukup. Sebab vitamin C merupakan antioksidan alamiah yang berperan menangkal radikal bebas. Apalagi saat pandemi virus corona seperti saat ini.

Pemerintah menganjurkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan vitamin C. Sebab kandungan vitamin ini bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Seperti dilansir Liputan6, selain tangguh melawan virus, banyak fakta menarik seputar vitamin C yang sudah dikenal sejak tahun 1920-an.

Vitamin ini ditemukan seorang ilmuwan dari Horngaria bernama Albert Szent-Gyorgyi dari Universitas Szeged. Saat itu, vitamin C dipakai untuk mencegah dan mengobati pendarahan gusi dan pendarahan bawah kulit.

Sekitar tahun 1930, ditemukan manfaat lain dari vitamin C. Yaitu efek antibakteri terhadap kuman penyebab TBC dan bisa menghambat perbanyakan (replikasi) berbagai jenis virus, parasite, maupun jamur.

Vitamin C bisa menjadi antioksidan saat adanya peradangan kronis dan stress oksidatif akibat kondisi kronis. Baca di sini untuk mengetahui efek kekurangan vitamin C dan cara memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Artikel Lainnya