Fakta-fakta City Pertama Kali Tembus Final Liga Champions, Dua Kali Hentikan Aksi Mbappe di Semifinal

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Squawka.

Kylian Mbappe benar-benar tak berkutik menghadapi Manchester City. Penyerang PSG itu gagal menembus pertahanan tim polesan Pep Guardiola dalam dua pertemuan di semifinal Liga Champions. Duetnya bersama Neymar sama sekali tak membuahkan hasil.

Langkah PSG harus terhenti di babak semifinal Liga Champions. Itu setelah dua kali ditumbangkan Manchester City. Pada pertemuan pertama, Marquinhos dkk kalah 1-2 di Parc des Princes.

Sedangkan bentrok kedua di Etihad Stadium, Rabu 5 Mei 2021, gawang PSG dua kali dijebol Riyad Mahrez masing-masing menit 11 dan 53. Malahan PSG kehilangan Angel di Maria menit 69, lantaran diusir wasit.

Buntunya pekerjaan Mbappe tak lepas dari sosok Ruben Dias. Bek Man City itu tampil gemilang. Berdasarkan catatan Squawka, akurasi pasing Dias mencapai 90 persen.

Bek Portugal itu juga melakukan 41 sentuhan, tiga blok, tiga sapuan, tiga kali mengamankan bola, dan satu takcle sukses.

Dengan agregat 4-1 mengantar Man City melaju ke final Liga Champions untuk pertama kalinya sejak tim ini berdiri 66 tahun silam.

Ada rekor mengesankan yang dicatat City. Masih menurut Squawka, City telah mengoleksi leih dari 10 kemenangan dalam satu musim Liga Champions.

Butuh satu pertandingan lagi untuk mengantar City juara. Saat ini City tinggal menunggu pemenang antara Chelsea melawan Real Madrid untuk ditantang di final.

Rekor lain adalah keberhasilan Pep Guardiola melangkah parati puncak. Ini adalah kali ketiga Pep melaju ke final Liga Champions. Sebelumnya dia menyumbang gelar bersama Barcelona pada 2009 dan 2011.

Tapi baru kali ini pelatih asal Katalan itu melaju ke final tanpa Lionel Messi. Banyak cibiran bahwa Pep hanya bisa melangkah ke final berkat sosok Messi.

Sebetulnya Pep telah tiga kali melaju ke final Liga Champions. Pertama kali melangkah ke final dia rasakan saat masih menjadi pemain Barcelona di era 90-an.

Artikel Lainnya