nyedulur.com

Emang Bisa Berat Badan Turun saat Dengerin Musik

Liputan6
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Banyak cara dilakukan orang agar senantiasa sehat dan umur panjang. Berbagai cara dilakukan untuk menjaga kesehatan. Mulai dari menjaga pola makan, olahraga, hingga konsultasi kesehatan.

Tidak perlu repot-repot. Mendengarkan musik juga bisa menjaga kesehatan. Tentunya tidak dengan tidur-tiduran, membaca buku, atau sedang santai. Anda harus berolahraga sambil mendengarkan musik.

Melansir Medical News Today melalui Liputan6.com, orang yang berolahraga sambal mendengarkan musik bertempo cepat bisa mengontrol berat badan. Mendengarkan musik tempo cepat sambil berolahraga berpengaruh pada detak jantung.

Jantung akan dipacu lebih tinggi, meningkatkan suhu tubuh, dan laju pernapasan ikut meningkat. Dengan begitu, kalori yang melekat dalam tubuh turut terbakar. Dalam hal ini, jantung dipacu lebih tinggi dalam batas normal.

Jurus ini lebih efektif jika dibandingkan dengan berolahraga tanpa musik. Dalam penelitian itu, musik bertempo cepat yang dimaksud adalah bergenre hip-hop atau rap.

Apa hubungannya musik bertempo cepat dengan pembakaran kalori? Dijelaskan dalam penelitian itu bahwa musik punya kemampuan melepaskan endorfin. Endorfin adalah hormon positif yang baik untuk tubuh.

Saat berolahraga, hormon ini dilepaskan yang dapat menimbulkan perasaan bahagia dan nyaman. Endorfin terbukti sangat baik untuk mengurangi nafsu makan dan pembakaran lemak dalam tubuh.

Tidak semua cabang olahraga bisa dilakukan sambil mendengarkan musik. Pilihlah olahraga yang ringan, seperti jogging, bersepeda, jalan kaki, senam ringan, atau saat berada di gym. Jenis olahraga ini bisa dilakukan sambil mendengarkan musik. Pilihan di tangan Anda.

Artikel Lainnya