Eh, Indonesia Punya Destinasi Wisata Es dan Salju Tropis, Simak Lokasinya

Nyedulur
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Tempo.

Indonesia merupakan negara tropis yang yang hanya memiliki dua musim, yaitu hujan dan panas. Selain itu, lokasi Indonesia di garis khatulistiwa menyebabkan lebih banyak disinari Matahari.

Tapi, masih banyak penduduk Indonesia yang belum percaya bahwa negara ini memiliki destinasi wisata embun es. Bahkan salju abadi. Nah, kan. Mari simak lokasinya.

Dalam beberapa tahun terkahir ini Dataran Tinggi Dieng menjadi pembicaraan wisatawan. Sebab di tempat ini turun embun es yang terjadi pada bulan Juli hingga September.

Tentu suhunya bisa mencapai minus dalam derajat. Warga sekitar menyebut embun ini sebagai bun upas. Turunnya bun upas itulah yang menyebabkan produksi kentang petani merosot tajam.

Saat fenomena terjadi, dedaunan dan rerumputan bakal berwarna putih bak dihujani salju. Embun es di Dataran Tinggi Dieng tak muncul sepanjang hari, melainkan hanya sekitar pukul 3 pagi sampai 6 pagi.

Dikutip dari CNN Indonesia, fenomena embun es juga terjadi di Ranu Kumbolo. Yakni kawasan yang berada di lereng Gunung Semeru, Jawa Timur. Momen munculnya juga sama, sekitar musim kemarau yang dimulai pada akhir Juni.

Sama seperti di Dataran Tinggi Dieng, embun es di Ranu Kumbolo juga terjadi karena uap air yang mencair kemudian membeku di darat.

Berbeda dengan salju yang merupakan uap air yang membentuk awan lalu turun dalam bentuk titik-titik air beku. Ada juga wilayah Indonesia yang diselimuti oleh salju abadi. Bahkan menjadi salah satu seven summit pendakian di Indonesia, bahkan dunia. Di mana?

Artikel Lainnya