Eh, Badak Putih Utara Ternyata Ada, Sedihnya Dia Tercanam Punah, Kuy Intip Habitatnya

Nyedulur
  • 12 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: The Jakarta Post/AFP.

Habitat badak makin menyusut. Andai badak di Jawa tidak dilindungi, niscaya nasibnya bakal punah. Kini badak tersebut berada di suaka margasatwa Ujung Kulon, Jawa Barat.

Kali ini ancaman kepunahan dialami badak lain. Badak putih utara kini tengah ramai diperbincangkan. Masalahnya populasi badak ini tinggal dua! Padahal badak ini sempat dilaporkan benar-benar punah.

Kabar baik itu mencuat dari konservasi OI Pejeta di Kenya, yang mengklarifikasi bahwa spesies ini tidak benar-benar punah. Mengutip Detik, dua badak putih utara itu diberi nama Najin dan Fatu.

Untuk mencegah kepunahan, para konservasionis berupaya agar badak putih betina yang tersisa ini bisa hamil, yakni menggunakan sperma badak jantan yang mati pada 2018. Pembentukan embrio dilakukan secara artifisial.

Berbicara mengenai spesies yang hampir punah ini, badak putih utara pernah tersebar di padang rumput savana di wilayah timur dan tengah Afrika. Sejak 19 Maret 2018, dua badak putih yang tersisa saat ini tinggal di Suaka Margasatwa OI Pejeta, Kenya dan dilindungi petugas bersenjata.

Berdasarkan taksiran terbaru dari Uni Internasional Untuk Konservasi Alam (IUCN) pada 2020, subspesies badak putih utara dimasukkan dalam kategori kritis atau kemungkinan punah di alam liar.

Menurut CNN Indonesia, spesies Badak Putih Utara merupakan subspesies dari badak putih yang tersebar di beberapa wilayah Afrika.

Sayang, populasi badak putih utara kian menyusut disebabkan oleh perburuan yang mengincar cula sang badak untuk obat dan simbol status sosial.

Badak putih utara sempat dikira punah pada akhir abad ke 19. Tapi pada 1895, sebagian kecil badak ditemukan di Afrika Selatan pada 1895. Sebuah studi pada 1979 dan 1986 mengungkapkan populasi badak putih berjumlah 50 ekor.

Binatang ini memiliki usia rata-rata 27 hingga 30 tahun di dalam penangkaran. Sedangkan di alam liar usianya bisa mencapai 39 sampai 43 tahun. Ukurannya bisa mencapai 3,6 meter dengan berat 3,5 ton.

Mengutip situs WWF, nama badak putih utara atau nothern white rhino bukan merujuk pada arti warna putih. Namun berdasarkan bahasa Jerman dari weit yang berarti lebar.

Artikel Lainnya