Dulu Pemegang Saham Mayoritas Inter Milan, Erick Thohir Cuma Jadi Pemilik Persis Solo, Gandeng Kaesang Pengarep

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kementerian BUMN.

Dunia olahraga bukan barang baru bagi Erick Thohir. Menteri BUMN itu pernah memiliki saham mayoritas Inter Milan. Bahkan pengusaha ini pernah ditunjuk sebagai Presiden Inter Milan atas kepemilikan 70 persen saham pada 2012 lalu.

Erick Thohir juga pernah membeli saham Philadelphia 76ers. Posisi itu membuatnya menjadi orang Asia pertama yang memiliki saham di NBA.

Selanjutnya dia juga pernah menjadi pemilik saham mayoritas sebuah klub Major League Soccer, D.C. United pada tahun 2012.

Kiprahnya di olahraga begitu kental. Sampai-sampai klub Persis Solo meliriknya sebagai pemilik klub. Tapi dia tidak sendiri.

Mengutip Kumparan, Erick Thohir didampingi putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pengarep bersama Kevin Nugroho.

Hal itu diketahui melalui perkenalan pemilik baru Persis Solo di Stadion Manahan, Sabtu 20 Maret 2021. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming berharap dengan kedatangan pemilik baru, klub berjuluk 'Laskar Sambernyawa' itu bisa bangkit.

“Yang jelas, ini sesuai komitmen saya, janji saya kampanye dulu. Saya tidak akan meninggalkan Persis dengan keadaan seperti kemarin. Saya pengin Persis dikelola orang yang profesional, orang yang pernah megang tim bola,” ujar Gibran dalam sambutannya.

Gibran, yang juga abang dari Kaesang, mengatakan bahwa, dia berharap banyak kepada Erick Thohir untuk bisa membawa Persis menorehkan prestasi. Apalagi, Erick diketahui beberapa kali memegang tim besar baik di Indonesia maupun luar negeri.

“Orang yang nanti akan lebih sering saya ganggu agar Persis naik ke Liga 1 adalah Pak Erick Thohir. Pak Erik sudah pernah pegang klub-klub besar. Paling penting adalah Persis manajemennya bisa profesional dan transparan,” ucap Gibran.

Saat ini, Persis berlaga di Liga 2. Kompetisi level kedua di Indonesia itu direncanakan bergulir pada Juni mendatang jika izin dari pihak kepolisian turun.

Artikel Lainnya