Duit Macet Total, PPATK Bekukan Rekening FPI, Termasuk Afiliasinya, Kenapa?

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: JPNN.

FPI resmi dibubarkan pemerintah jelang tutup tahun 2020 lalu. Praktis tidak ada lagi Front Pembela Islam di Indonesia.

Belakangan mereka menolak bubar. Malahan ngotot mendirikan organisasi yang sama, dengan singkatan tidak berbeda. FPI atau Front Pemersatu Islam. Entah kapan.

Pemerintah tidak kurang akal. Rekening FPI kemudian dibekukan. Praktis FPI tidak bisa menarik uang yang kabarnya mencapai Rp1,5 M di BCA.

Pemblokiran itu dilakukan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Semua transaksi yang berkaitan dengan FPI, maupun terafiliasi, untuk sementara dibekukan. Mirip es batu. Membeku.

Pembekuan sesuai dengan kewenangan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (UU TPPU) dan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme.

Berdasarkan keterangan pers yang dikutip dari Antara melalui Kompas, Selasa 5 Januari 2021, PPATK menyatakan, tindakan tersebut dilakukan dalam rangka pelaksanaan fungsi analisis dan pemeriksaan laporan dan informasi transaksi keuangan yang berindikasi tindak pidana pencucian uang dan/atau tindak pidana lain.

Penetapan penghentian seluruh aktivitas atau kegiatan FPI tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) sejumlah kementerian dan lembaga setingkat Menteri. Ini lembaga yang menandatangani pembubaran FPI.

Artikel Lainnya