nyedulur.com

Duh, Lika-lika Ngurus SIM di Luar Domisili, Ini Persyaratan dan Biayanya

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kompas.com.

Di era teknologi yang serba digital mengurus identitas diri sangat mudah. Mulai dari mengurus KTP, SIM, Paspor maupun pajak sudah bisa dilakukan secara daring atau online.

Ini merupakan percepatan layanan yang digagas pemerintah untuk memangkas jarak dan waktu. Dengan semakin canggih dan majunya teknologi mengurus identitas bisa di mana saja. Termasuk pembayarannya sudah bekerja sama dengan berbagai bank maupun mini market di Indonesia.

Omong-omong soal kepemilikan SIM telah diatur dalam UU Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas. Memiliki SIM wajib bagi yang sudah bisa mengemudi kendaraan roda dua maupun empat.

Kepemilikan SIM sudah diatur dalam Pasal 281, yang menyebutkan bahwa setiap pengendara bermotor yang tidak memiliki SIM dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama empat bulan atau denda paling paling banyak Rp 1 juta. Sementara Batasan umur minim yang wajib memiliki SIM adalah 17 tahun.

Pertanyaannya, bisa nggak membuat atau perpajangan SIM di daerah dan tidak sesuai dengan domisili tempat tinggal? Jawabnya, bisa!

Kasi SIM Ditlantas DI Yogyakarta, Kompol Sugiyanto mengatakan bahwa pembuatan atau perpanjangan SIM bisa dilakukan di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) mana pun. Akan tetapi, aturan ini hanya berlaku untuk pengurusan SIM A dan SIM C.

“Untuk pembuatan SIM baru maupun perpanjangan SIM A dan C bisa dilakukan di Satpas wilayah mana saja," kata Sugiyanto dikutip dari Kompas, Sabtu 28 November 2020.

Artikel Lainnya