nyedulur.com

Duh, KPK Bekuk Edhy Prabowo, Menteri Pertama di Periode Kedua Jokowi

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: CNN Indonesia

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy. Dia ditangkap di Bandara Soekarno Hatta, Rabu 25 November 2020 dini hari WIB.

Disinyalir penangkapan tersebut diduga terkait suap ekspor benur. Ekspor benih lobster itu pernah dilarang di era Menteri KKP sebelumnya, Susi Pudjiastuti. Aturan tersebut dicabut Edhy Prabowo hingga menimbulkan polemik.

Edhy Prabowo mencabut larangan ekspor benih lobster yang dituangkan dalam Peraturan Menteri KKP Nomor 12/Permen-KP/2020.

Dalam permen tersebut mengikat syarat ekspor benih lobster. Seperti yang tertuang dalam Pasal 5 Ayat 1 yang menyebutkan bahwa pengeluaran benih lobster (puerulus) dengan harmonized system code 0306.31.10 dari wilayah Indonesia hanya dapat dilakukan dengan beberapa ketentuan.

Sementara itu, berdasarkan laporan harta kekayaan Edhy Prabowo dalam laman LHKPN memiliki aset senilai Rp4,3 miliar yang berupa tanah. Sedangkan aset transportasi nilainya mencapai Rp890 juta.

Edhy Prabwo menjadi menteri pertama di periode kedua Presiden Joko Widodo yang ditangkap KPK. Penangkapan pejabat setingkat menteri ini mendapat respons positif dari mantan juru bicara KPK, Febri Diansyah.

“Kerja luar biasa..Hormat pada tim yang bisa melakukan dalam kondisi saat ini,” tulis Febri dalam akun twitternya.

Artikel Lainnya