Duh Gusti, saat Batuk Malah Ngompol, Padahal Sudah Diobati, Ketahui Sebab dan Cara Pencegahannya

Nyedulur
  • 11 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: BBC.

Menderita batuk berdahak sangat menyiksa tenggorokan. Selain itu, ada kalanya saat batuk sedang parah-parahnya, ada gangguan lain. Sebut saja kepala pusing, perut sampai kram, hingga terkencing-kencing.

Hal ini sebenarnya umum terjadi. Sebab, seseorang tidak dapat menahan berkemih atau mengalami stress inkontinensia urin.

Masalah ini bisa disebabkan adanya peningkatan tekanan di sekitar perut yang mengakibatkan air kencing keluar dari kandung kemih.

Dilansir dari Honest Docs, tidak hanya pada saat batuk saja kencing bisa keluar. Ada juga kegiatan lain yang menyebabkan keluarnya kencing. Sebut saja melompat, tertawa, bersin, mengangkat benda berat dan berhubungan seks.

Kondisi keluar kencing dari kandung kemih saat batuk termasuk dalam salah satu jenis gangguan inkontinensia urin. Yaitu inkontinensia stres.

Terdapat beberapa jenis inkontinensia urin seperti inkontinensia stres, inkontinensia fungsional, inkontinensia urge, dan inkontinensia overflow.

Tetapi hal ini tidak akan membuat cairan yang ada dalam kandung kemih keluar dalam jumlah yang banyak, seperti gangguan inkontinensia lainnya.

Air kencing yang keluar karena inkontinensia stres hanya keluar dalam jumlah yang sedikit. Sebab, tekanan yang terjadi dalam kandung kemih, sehingga tidak sengaja mengeluarkan air kencing.

Nah, untuk mencegah terjadinya inkontinensia stres, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut.

Lakukan senam kegel yang bertujuan untuk melatih otot-otot kandung kemih. Kegiatan ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tidak perlu menetapkan waktu khusus ketika akan melakukannya.

Kelebihan berat badan menjadi salah satu faktor penyebab keluarnya kencing saat batuk. Hal ini sangat mudah terjadi pada orang yang mengalami obesitas.

Dengan menurunkan berat badan, Anda beperan menurunkan risiko terjadinya inkontinensia stres.

Apabila Anda adalah seorang perokok, sebaiknya mengubah gaya hiudp untuk menurunkan risiko keluarnya kencing saat batuk. Pola hidup yang sehat dapat membantu Anda menghindari inkontinensia stres tersebut.

Artikel Lainnya