nyedulur.com

Duh Gusti, Maling Ikan Masih Gentayangan di Natuna, Bakamla Tangkap Kapal Vietnam

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Pencurian ikan di perairan Indonesia masih berlanjut. Baru-baru ini Badan Keamanan Laut atau Bakamla menangkap kapal ikan asing berbendera Vietnam.

Kapal tersebut diduga melakukan pencurian ikan di Kepualauan Natuna. Sebab saat dilakukan penangkapan, kapal tersebut tengah beraktivitas.

Dikutip dari Kumparan, penangkapan ini bagian dari Operasi Cegah Tangkal 2020 yang dilakukan Bakamla. Operasi dilakukan untuk memantau kapal-kapal asing di perairan Indonesia.

“Kapal ikan asing (KIA) asal Vietnam telah diamankan karena dicurigai melakukan tindak penangkapan ikan secara illegal,” kata Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita.

Menurutnya, penangkapan kapal Vietnam di sisi dalam dari wilayah overlapping claim dengan Vietnam. Atau sekitar 30 nm arah selatan dari garis klaim Vietnam, tepatnya di perairan Natuna Utara

Sebelum dilakukan penangkapan, kapal tersebut berusaha melarikan diri. Namun kapal dengan nomor lambung TG 9583 TS itu akirnya menyerah. Selanjutnya petugas melakukan penggeledahan.

“Saat dilakukan pemeriksaan awal, kapal tersebut membawa serta 20 anak buah kapal (ABK), dan palkanya terisi setengah dengan jenis ikan campuran,” Wisnu menambahkan. Berikut kronologi penangkapannya.

Artikel Lainnya