Duh, Benar-benar Ganggu Penampilan, Jerawat Tak Kunjung Hilang, Coba Tips Berikut, Dijamin Ampuh

Nyedulur
  • 9 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: bebeautiful.

Jerawat di wajah benar-benar mengganggu penampilan. Masalah pada kulit wajah itu bisa mereduksi rasa percaya diri. Bahkan bisa menjadi bahan bullying atau perundungan rekan kerja maupun sekolah.

Jangan putus asa. Cukup banyak jalan ke Roma. Artinya ada beberapa cara dan bahan alami yang bisa menghilangkan jerawat dan mengembalikan kulit menjadi sehat. Tapi perlu juga dibarengi dengan pola hidup sehat, seperti yang diinformasikan Sehat Q.

Cara menghilangkan jerawat secara alami seringkali diyakini efektif untuk membuat kulit kembali sehat dan bebas dari jerawat. Namun perlu diingat, belum banyak hasil penelitian yang dapat mengonfirmasi efektivitas bahan-bahan alami di bawah ini.

Maka dari itu, Anda tetap perlu berhati-hati dalam menerapkan di wajah. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya.

Salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami adalah dengan lidah buaya. Gel lidah buaya dapat membantu meredakan peradangan di kulit yang muncul akibat jerawat.

Manfaat lidah buaya untuk jerawat juga berasal dari kandungan asam salisilat dan sulfur. Kedua bahan aktif tersebut sudah sering digunakan untuk mengobati jerawat di kulit. Tapi, jika muncul iritasi, rasa gatal, atau kemerahan, sebaiknya segera hentikan penggunaan.

Cara menghilangkan jerawat secara alami berikutnya dengan cuka apel. Sebuah hasil penelitian menyatakan bahwa manfaat cuka apel untuk jerawat berasal dari kandungan asam organik, seperti asam sitrat, yang diyakini dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat Propionibacterium acnes.

Selain itu, pada studi lainnya, disebutkan bahwa cuka apel mengandung succinic acid yang mampu menekan peradangan akibat bakteri P.acnes.

Dengan demikian, munculnya bekas jerawat di kemudian hari bisa dicegah. Kandungan asam laktat pada cuka apel juga dipercaya dapat memperbaiki kulit yang terdapat bekas jerawat.

Madu juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Madu untuk jerawat berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya yang diyakini mampu membersihkan kotoran di wajah, serta mencegah penyumbatan pori-pori.

Selain itu, madu juga bersifat antibakteri dan mengandung bahan yang dapat membantu penyembuhan luka.

Artikel Lainnya