Duduk Manis di Motor Roda Tiga, Warga Jombang Angkut Ternak Ngungsi, Akibat Banjir Tak Terkendali

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Beritajatim.com.

Sejumlah desa di Jombang dikepung banjir. Beberapa desa di Kecamatan Bandar Kedungmulyo terendam air. Salah satu sebabnya adalah sejumlah titik tanggul jebol, Jumat 5 Februari 2020.

Di antaranya, tanggul Sungai Avur di Desa/Kecamatan Bandar Kedungmulyo di Dusun Plosorejo dengan lebar kurang lebih 20 meter. Tanggul tersebut jebol sekitar pukul 03.00 WIB.

Satu lagi di Dusun Kedunggabus, sepanjang 10 meter. Sementara di Desa Gondangmanis tanggul jebol seluas 20 meter. Tepatnya di Dusun Prayungan. Lagi-lagi, air tersebut masuke area persawahan.

Mengutip Beritajatim, sejumlah warga terpaksa mengungsi. Banyak warga terdampak memilih menyelamatkan harta bendanya. Sedianya membawa pakian secukupnya. Begitu juga dengan ternak mereka.

Seperti yang dilakukan Sumiran (65). Dia duduk di atas motor roda tiga. Sumiran tidak sendiri. Dia ditemani enam ekor kambing miliknya.

Dia tidak risih meski satu kendaraan bersama kambing miliknya. Bahkan dia berkali-kali menggak air mineral dalam botol yang dibawanya.

Dia mengaku hendak mengungsi ke rumah besannya yang ada di Nganjuk. Itu karena rumah dan kandang kambing sudah terendam banjir.

“Saya mau mengungsi ke rumah besan di Nganjuk. Ini kambingnya juga saya bawa,” kata Sumiran di atas motor roda tiga.

Hal serupa dilaukan Abdul Kholiq (54), warga Manisrenggo lainnya. Ketika matahari belum begitu tinggi, dia menggelandang lima ekor sapi keluar kandang. Pertimbangan Kholiq, banjir sudah masuk rumah. Sehingga hewan ternak harus diselamatkan.

“Saya taru di halaman MI (Madrasah Ibtidaiyah). Ini tadi barusan memasang patok kayu untuk sapi-sapi tersebut,” Kholiq menjelaskan.

Artikel Lainnya