nyedulur.com

Dua Hari Jabat Wakil Dekan FPIK, Unpad Terbitkan Surat Pemberhentian, Akibat Gabung HTI

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Detik.

Universitas Padjajaran kecolongan. Salah satu Wakil Dekan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Asep Agus Handaka tersangkut organisasi terlarang.

Padahal dia baru saja dilantik sebagai Wadek FPIK di Unpad pada Sabtu 2 Januari 2021. Hanya berselang dua hari, dia diberhentikan karena tercatat sebagai anggota HTI atau Hizbut Tahrir Indonesia.

Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad, Dandi Supriadi membenarkan jika Asep Agus tergabung dengan HTI.

“Betul. Itu sebabnya hal ini sempat luput dari perhatian karena organisasinya sudah bubar sejak beberapa tahun yang lalu,” kata Dandi dikutip dari Kumparan, Senin 4 Januari 2021.

Dandi menyebut bahwa Unpad baru mendapatkan informasi Asep memiliki rekam jejak pernah menjadi pengurus HTI usai pelantikan pada 2 Januari lalu. 

Menurutnya, selama proses pemilihan wadek fakultas, rekam jejak tersebut tidak ditemukan dan disampaikan kepada pimpinan universitas.

Karena hal itu, Unpad memutuskan segera memberhentikan Asep dan menggantinya dengan Wadek yang baru.

“Karena Unpad berkomitmen untuk turut serta dalam menjaga keutuhan NKRI berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, maka penggantian dilaksanakan sesegera mungkin,” Dandi menambahkan.

HTI telah dibubarkan pemerintah sebagai organisasi terlarang pada Juli 2017. Tapi sebaran anggota organisasi yang dilarang pemerintah ini.

Setelah diberhentikan, Asep tetap berstatus sebagai dosen di FPIK. Menurut Dandi, ia sudah menerima keputusan pemberhentiannya tersebut.

Ini pengganti Asep Agus yang telah ditunjuk oleh Rektor Unpad.

Artikel Lainnya