Dok, PN Tondano Sahkan Nama Aprilia Manganang Berganti, Ini Nama yang Disetujui Pengadilan

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kumparan/Antara.

Belum lama ini Aprilia Manganang telah menjalani operasi untuk menjadi laki-laki. Mantan atlet voli wanita itu telah diputus menjadi laki-laki dalam pesidangan di Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara, Jumat 19 Maret 2021.

Dalam persidangan itu, PN Tondano mengesahkan perubahan nama yang selama ini disandang Aprilia Manganang.

“Menetapkan. Satu, mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya. Dua menetapkan pemohon Aprilia Santini Manganang berubah jenis kelamin dari semula berjenis kelamin perempuan menjadi jenis kelamin laki-laki,” kata Majelis Hakim Nova Loura Sasube dikutip Kumparan.

Majelis hakim menambahkan, setelah resmi menjadi laki-laki, nama Aprilia Manganang juga berubah menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

“Ketiga menetapkan pergantian nama pemohon yang semula Aprilia Santini Manganang berubah jadi Aprilio Perkasa Manganang,” Nova menambahkan.

Majelis hakim kemudian meminta Disdukcapil Kabupaten Sangihe untuk mencatat perubahan status kelamin Manganang menjadi lak-laki. Hal itu berlaku setelah putusan dibacakan.

“Kepada kependudukan catatan sipil Kabupaten Sangihe untuk mencatat register yang bersangkutan perubahan jenis kelamin pemohon yang semula berjenis kelamin perempuan menjadi jenis kelamin laki-laki," tutur Nova.

Sebelumnya, kelainan yang dialami Aprilia diketahui baru-baru ini oleh Pangdam Merdeka yang bermarkas di Manado.

Pada 3 Februari 2021, Andika dan jajarannya sengaja memanggil Aprilia Manganang untuk menjalani pemeriksaan medis di RSPAD.

Setelah melakukan pemeriksaan dan mendapatkan hasil rekam medis, diketahui hormon testosteron Aprilia Manganang lebih tinggi. Tak hanya itu di dalam organ dalamnya pun tak ada organ tubuh yang mestinya dimiliki wanita.

Artikel Lainnya