Dok, Pemerintah Resmi Perpanjang Larangan Mudik, Mulai Hari Gaes, Intip Tanggalnya

Nyedulur
  • 18 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Detik/Antara.

Pemerintah menambah panjang larangan mudik Lebaran 2021. Larangan itu tertuang dalam adendum surat edaran perihal pengetatan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN).

Surat tersebut ditandatangani Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo tertanggal 21 April 2021.

Dalam surat tersebut berbunyi aturan larangan mudik yang berlaku mulai H-14 atau terhitung mulai 22 April 2021. Hari ini, gaes!

Larangan mudik itu diperpanjang dimulai 22 April sampai 24 Mei 2021. Dengan kata lain, larangan mudik diberlakukan H-14 hingga H+7 Hari Raya Idul Fitri.

Sebelumnya pemerintah telah menerbitkan larangan mudik terhitung 6-17 Mei 2021. Mengutip Kontan, larangan tersebut tetap berlaku sebagaimana surat edaran Satgas Penanganan Covid-19 No.13 Tahun 2021.

Ada pun tujuan addendum surat edaran ini adalah mengantisipasi peningkatan pergerakan penduduk yang berpotensi meningkatkan penularan kasus antardaerah pada masa sebelum dan sesudah periode peniadaan mudik berlaku.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memperketat perjalanan orang untuk mengantisipasi meluasnya Covid-19.

Terdapat 27 titik menjadi perhatian Pemprov Jatim selama terbitnya larangan mudik untuk mencegah meluasnya penyebaran covid-19. Titik-titik tersebut tersebar di tujuh lokasi perbatasan Jawa Timur dan 20 lokasi pemeriksaan antar kota.

Merujuk Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 9 Tahun 2021 terdapat klausul bagi yang nekat mudikakan dikarantina 5x24 jam. Bahkan biaya tersebut akan dibebankan kepada pihak yang mendapat sanksi.

Artikel Lainnya