nyedulur.com

Ditemukan Alat Nyeleneh, Otak Manusia Bisa Dihubungkan dengan Komputer

Detik
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sejumlah ilmuwan dari Amerika Serikat dan Australia alat yang nyeleneh. Yakni alat yang bisa menghubungkan otak manusia ke komputer. Caranya dengan memasukkan melalui urat nadi.

Cara ini melibatkan pemasangan elektroda pada tabung elastis yang dapat diperluas bernama stent. Kemudian dimasukkan melalui pembuluh darah yang mengarah ke otak. Waduh.

Dikutip dari Detik, dalam pengujian yang dilakukan pada dua peneliti memasang kawat yang ujungnya terdapat stent ke vena di tenggorokan.

Selanjutnya dihubungkan ke pembuluh di dekat korteks motorik utama otak, tempat mereka membuka pegas.

Elektroda-elektroda di area tersebut merapat ke dinding pembuluh darah dan mulai merasakan saat otak mengisyaratkan niat mereka untuk bergerak.

Terus mengirimkan sinyal tersebut secara nirkabel ke komputer melalui pemancar inframerah yang dimasukkan ke dalam dada subjek melalui cara pembedahan.

Dalam artikel yang diterbitkan dalam Journal of NeuroInterventional Surgery, para peneliti menggambarkan bagaimana dua orang yang mengalami kelumpuhan akibat amyotrophic lateral sclerosis (lebih dikenal sebagai penyakit Lou Gehrig) menggunakan perangkat semacam itu untuk mengirim teks dan bermain game hanya dengan kontrol otak.

Thomas Oxley dalam penjelasannya teknologi stent telah berkembang untuk mengobati penyakit lain. Berikut keterangannya.

Artikel Lainnya