nyedulur.com

Diskusi Seks dengan Anak, Nggak Perlu Malu dan Ragu, Berikan Penjelasan Sejak Dini

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Raising Children Network

Orang tua sering kali bingung atau enggan memulai obrolan seputar seks dengan anak. Alasannya karena tak siap menjawab pertanyaan anak. Kemudian masalah gengsi, karena harus mengingat momen-momen masa lalu.

Padahal, jika orang tua mau berbicara terbuka, anak akan menjadikan orang tua sebagai sumber pengetahuan dan wawasan utama. Yang mana ini merupakan hal positif agar anak tidak mencari informasi dari sumber yang tidak tepat.

Dilansir dari Kompas, psikolog anak dan keluarga, Samanta Ananta, M.Psi menjelaskan bahwa orang tua sudah bisa memulainya sejak anak baru lahir. Caranya dengan memperkenalkan mereka dengan alat kelaminnya.

Orang tua juga disarankan untuk tidak mengganti nama alat kelamin dengan istilah lain. Langkah ini agar kelak anak tidak bingung mengenai fungsi organnya.

Seiring bertumbuhnya anak, keingintahuan mereka juga semakin bertambah. Termasuk pada suatu titik anak mulai bertanya tentang bagaimana adik bayi lahir dari perut ibunya.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Samanta menyarankan orang tua untuk bertanya balik kepada anak, dari mana dia mendapat pengetahuan itu.

Jika anak menjawab “perut”. So, orang tua perlu mengoreksi kekeliruan informasi tersebut. sebetulnya bayi keluar dari rahim.  Jika anak bertanya lagi, maka jawabannya ada di sini.

Artikel Lainnya