Dianggap Plagiat, Video Music Young Lex Dituduh Jiplak Karya Lay EXO, Warganet: Kebanyakan Tingkah

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumbr Foto: Kompas.

Nama Young Lex mendadak viral. Rapper yang sudah melahirkan sembilan album itu dituduh melakukan plagiatisme. Alias meniru.

Tidak main-main sosok yang dia tiru. Mengutip Koreaboo, Young Lex baru saja merilis video music terbaru berjudul Raja Terakhir pada Maret 2021. Sayangnya karya itu diduga mirip dengan Lit, video music karya Lay Zhang, member EXO.

Beberapa jam setelah lagu tersebut dirilis melalui YouTbe, penggemar K-Pop melihat bahwa Raja Terakhir menjiplak Lit, yang dirilis Lay pada Juni 2020.

Menurut penggemar, unsur-unsur musiknya, visual, gaya, dan koreografi dalam video musik Young Lex semuanya sangat mirip dengan video musik Lay.

Salah satu kemiripan yang paling jelas antara kedua video musik tersebut adalah adegan di mana naga yang dihasilkan komputer muncul di belakang gedung.

Naga di dua video musik memiliki desain yang serupa. Sementara keduanya menampilkan bulan besar di latar belakang serta penjaga yang memegang bendera di latar depan. Bahkan pembingkaian kedua bidikan tersebut identik.

Adegan break dance dari lagu "Lit" ini sepertinya juga telah disalin dalam video musik rapper dengan nama lahir, Samuel Alexander Pieter.

Tak pelak bukan hanya warganet Indonesia yang marah. Sejumlah penggemar Lay turut membanjiri jagat maya. Semuanya mengecam Young Lex.

“Dear Korean friends and inter friends We are also not just watching plagiarism We are currently seeking justice and awaiting clarification from Young lex, we are not silent about young lex's plagiarism MV Actually we are embarrassed about this too :(,” tulis @IAmeliania.

“Young lex plagiat,“ tulis @pinkxrabbith, sambil menambahkan emoticon menangis.

“young lex nih udah kurang ganteng, banyak tingkah pula,” tulis @choproblem.

Artikel Lainnya