Deretan Oleh-oleh Khas Surabaya, Ada Udeng yang Punya Makna bagi Laki-laki

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Berwisata ke suatau daerah tidak lengkap tanpa membawa oleh-oleh. Bisa makanan atau buah tangan. Oleh-oleh ini bisa dibagikan kepada keluarga atau sahabat. Sekaligus penanda, pernah berwisata di lokasi tersebut.

Salah satunya adalah oleh-oleh khas Surabaya. Banyak oleh-oleh yang didapat dari Kota Pahlawan, yang meliputi miniatur, penutup kepala atau udeng, dan suvenir lainnya bisa dibawa pulang.

Oleh-oleh khas Surabaya selain makanan yang pertama adalah Kaos Cak Cuk yang sangat terkenal. Melansir Liputan6, kaus khas Surabaya ini perlu dibawa pulang saat berkunjung ke Kota Pahlawan.

Cak adalah panggilan untuk lelaki yang lebih tua. Sementara Cuk adalah kata ikonik yang sangat populer di Surabaya. Setiap desain kaos Cak Cuk selalu menggelitik dan tak jarang terdengar kasar bagi orang yang tidak familiar dengan bahasa Suroboyoan. Sekarang, Cak Cuk sudah memiliki banyak gerai di Surabaya.

Salah satu ikon Kota Surabaya adalah patung sura dan baya. Bahkan landmark ini menjadi destinasi wajib setiap wisatawan mengunjungi Surabaya. Suvenir miniatur ikon tersebut dapat dijadikan pilihan oleh-oleh khas Surabaya selain makanan.

Miniatur yang menggambarkan Surabaya ini dapat dijadikan pajangan atau penghias ruangan. Model dari miniatur ini pun bermacam-macam. Ada yang bening layaknya kaca, ada juga diwarna seperti patung aslinya.

Udeng Suroboyo juga tak kalah menarik. Ini adalah ciri khas Surabaya sebagai penutup kepala yang sangat ikonik. Umumnya penutup kepala ini bermotif batik, khususnya untuk laki-laki. Biasanya udeng dikenakan saat ada hajatan, ludruk, pertunjukan atau kegiatan tertentu.

Catatan akun Instagram @surabayasparkling, dua layar di belakang udeng memiliki makna seorang Cak Surabaya harus tegas, dan tidak menyimpan unek-unek. Sedangkan segitiga di depan udeng menggambarkan seorang Cak harus memiliki tujuan hidup dan berpandang lurus ke depan.

Siapa sangka sebuah daun juga dapat dijadikan oleh-oleh khas Surabaya. Di Surabaya terdapat UKM yang aktif mengolah daun kering menjadi produk unik yaitu UKM Bengkel Kriya Daun 9996.

Daun kering diolah sedemikian rupa hingga menjadi handicraft cantik. Kerjinan tangan berbahan daun kering itu bisa berbentuk tempat tissue, tutup lampu, atau box serba guna. Ini daftar harganya.

Artikel Lainnya