Deretan Jenis Jamur yang Punya Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan, Apa Saja?

Nyedulur
  • 24 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: SehatQ.

Sebetulnya jamur bukan jenis tumbuhan. Tetapi tanaman ini digolongkan sebagai sayur-sayuran. Meskipun tidak memiliki klorofil dan kingdom fungi.

Jenis jamur pun beraneka ragam. Ada yang bisa dimakan dan ada yang beracun. Jamur yang bisa dikonsumsi meliputi jamur tiram, kancing, sitake dan beberapa jenis lain.

Tak hanya itu, jamur juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Di antaranya menurunkan risiko obesitas, diabetes, hingga menjaga kesehatan kulit dengan kandungan antioksidannya.

Mengutip Kompas, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Biology and Medicine menguji lima jenis jamur (maitake, crimini, portabella, tiram dan kancing putih).

Dari pengujian itu ditemukan, jamur secara signifikan menekan pertumbuhan dan reproduksi sel kanker payudara. Selain itu, jamur siitake mengandung lentinan, sejenis molekul gula.

Menurut peneliti di Memorial Sloan Kettering Cancer Center, lentinan dapat membantu memperpanjang kelangsungan hidup pasien kanker.

Faktanya, jamur telah disetujui sebagai obat berkhasiat untuk kanker perut di Jepang sejak tahun 1985. Sebab jamur memiliki efek antitumor.

“Lentinan tidak membunuh sel kanker secara langsung. Sebaliknya, sia meningkatkan sistem kekebalan, yang dapat membantu memperlambat pertumbuhan tumor,” demikian diungkapkan pihak Memorial Sloan Kettering Cancer Center.

“Lentinan juga membunuh virus dan mikroba secara langsung berdasarkan dari penelitian laboratorium,” lanjutnya.

Para peneliti di Jepang mempelajari lebih dari 36.000 pria selama lebih dari satu dekade dan menemukan fakta, mereka yang rutin makan jamur memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat.

Sebuah riset yang diterbitkan International Journal of Cancer mengungkapkan, mereka yang mengonsumsi jamur tiga kali atau lebih dalam seminggu memiliki risiko 17 persen lebih rendah dibandingkan yang mengonsumsi jamur kurang dari sekali dalam seminggu.

Bahkan disebutkan, mengonsumsi jamur sangat penting untuk pria yang telah berumur 50 tahun atau lebih.

Beta-glukan adalah gula yang ditemukan di dinding sel jamur yang juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Lentinan berasal dari jamur shiitake, tetapi beta-glukan ditemukan dalam banyak varietas, yaitu jamur kancing.

Artikel Lainnya