Dear Penggemar K-Pop, Jangan Emosi, Sejumlah Lagu Dianggap Jadi Candu, untuk Sementara Dilarang Diputar, Kenapa Sih?

Nyedulur
  • 16 hari yang lalu
  • arief

Kabar mengejutkan dari Korea Selatan. Sejumlah lagu dipastikan tidak bisa diperdengarkan penggemarnya. Salah satunya adalah lagu terbaru milik aespa yang berjudul Next Level.

Kok bisa sih? Ternyata kejadian ini bukan pertama kali. Larangan itu juga sempat mengarah ke lagu Ring Ding Dong Milik SHINee dan grup vokal K-pop populer lainnya.

Alasannya baik kok, karena di Negeri Ginseng akan berlangsung ujian masuk perguruan tinggi. Maka lagu yang dinilai memiliki lirik dan beat yang membuat candu akan di-blacklist sementara.

Nah, berikut deretan musik K-Pop yang dilarang diputar di Korea saat musim ujian nasional masuk perguruan tinggi, yang telah dirangkum dari Kapanlagi.

SHINee baru saja melakukan comeback. Tetapi lagu-lagu lawasnya hampir tak pernah bosan didengarkan. Salah satunya yang begitu catchy adalah Ring Ding Dong. Lagu yang dirilis pada 2009 itu pun begitu bikin nagih saat diputar.

Saking adiktifnya, lagu tersebut sampai harus dilarang diputar di berbagai music show maupun radio selama musim ujian tiba. Sebab, saat musik K-Pop bergenre afro-electro diputar, para pelajar sibuk menyanyikannya berulang-ulang, dan susah fokus belajar.

Red Velvet di MV lagu Dumb Dumb begitu menggemaskan. Wajar jika para penggemar dibikin susah move on saat mendengarnya.

Saking begitu nagihnya, lagu ini pun harus dilarang diputar saat musim ujian tiba. Bukan soal liriknya yang bikin Anda sing along, tetapi alunan brass dan perkusi di dalamnya bikin Anda tak bisa berhenti bernyanyi lho.

BLACKPINK juga punya lagu DDU-DU-DDU-DU yang begitu hits banget pada 2018. Lagu K-Pop ini bukan saja memiliki melodi yang catchy. Tetapi juga punya lirik yang repetitif, sehingga mudah banget diingat dan dinyanyikan.

Sorry Sorry begitu melambungkan nama Super Junior secara global pada 2009 silam. Lagu ini memiliki musik yang begitu enak didengarkan. Begitu juga dengan chorus-nya, begitu mudah diingat dan dihapal, lantaran liriknya banyak pengulangan.

Akibatnya, para pelajar Korea pun harus terpaksa bilang Sorry Sorry ke orang tua mereka jika sampai susah fokus belajar untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi, usai mendengarkan lagu ini.

Selanjutnya, ada U R Man milik SS501. Mungkin bagi penggemar K-Pop lawas bisa paham, kenapa lagu ini sampai masuk daftar lagu yang harus dijauhi saat musim ujian tiba.

Artikel Lainnya