nyedulur.com

Dampak Gempa Majene, Tiga Warga Meninggal, Dua Ribu Mengungsi

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kumparan.

Gempa berkekuatan 6,2 magnitudo yang mengguncang Majene, Sulawesi Barat dengan menewaskan tiga orang. Data dari BNPB Mamuju, Jumat 15 Januari 2021, selain mencatat tiga orang meninggal, terdapat 24 luka-luka dan dua ribu mengungsi.

“BPBD Mamuju melaporkan tiga orang meninggal dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangan resminya.

Akibat gempa yang terjadi sekitar pukul 02.28 WITA atau 01.28 WIB itu merusakaan Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar, yang ambruk.

Data sementara, sebanyak 62 unit rumah rusak, satu Puskesmas rusak berat dan satu kantor Danramil Malunda rusak berat.

Sebetulnya, wilayah tersebut dilanda tiga kali gempa susulan yang terasa hingga Kota Makassar dengan durasi lebih lama. Gempa awal terjadi pada Kamis 14 Januari 2021, dengan magnitudo 5,9 yang mengguncang wilayah Majene sekitar pukul 14.30 Wita.

Gempa susulan itulah yang menyebabkan seluruh fasilitas umum lumpuh. Listrik padam, begitu juga dengan suplai air bersih tidak maksimal, sementara jembatan terbelah menjadi dua. 

Saat ini BPBD melakukan penanganan darurat dengan mendirikan posko bantuan. Saat ini warga terdampak membutuhkan bantuan berupa selimut, tikar, makanan dan pakaian.

Artikel Lainnya