Dalam Hitungan Menit, Jenazah Pramugara Okky Bisma Teridentifikasi Lewat Temuan Tangan Kanan

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Suara.com/Antara.

Polisi telah mengidentifikasi salah satu korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182. Jenazah tersebut adalah seorang pramugara bernama Okky Bisma.

Proses identifikasi ini cukup singkat. Setelah menemukan body part, atau potongan tubuh, Inafis langsung menggunakan alat pendeteksi. Kebetulan body part yang ditemukan adalah tangan kanan Okky.

Menurut Kapus Inafis Bareskrim Polri, Brigjen Hudi S, proses identifikasi itu membutuhkan waktu dalam hitungan menit. Kebetulan tangan kanan korban bisa untuk mendeteksi sidik jari.

“Alat itu mempersingkat proses identifikasi, ya hitungan menit saja,” kata Hudi di RS Polri, Jakarta Timur, Selasa 12 Januari 2021.

Proses identifikasi tidak hanya menggunakan alat. Menurut Hudi, pengenalan tubuh jenazah juga dilakukian Tim Inafis. Hal yang umum dilakukan tim adalah dengan mengenali gigi, DNA, dan properti yang masih melekat. Bisa pakaian, gelang, atau aksesoris lainnya.

“Kendala yang sering dihadapi adalah temuan yang hanya beberapa bagian saja, nggak utuh. Itu memang menyulitkan, kalau utuh bisa lebih cepat,” Hudi menjelaskan.

Sriwijaya Air SJ 182 lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta dengan tujuan Pontianak, Kalimantan Barat. Pesawat itu hilang kontak pada Sabtu 9 Januari 2021, sekitar pukul 14.40 WIB. Lokasi pesawat ditemukan di antara Pulau Lancang dan Pulau laki, Kepulauan Seribu.

Artikel Lainnya