nyedulur.com

Daftar Hewan Pintar, Bukan Anjing, Tapi Kambing, Ini Alasan Peneliti

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Bentoli.

Banyak yang menganggap anjing adalah hewan paling cerdas dan pintar. Rujukannya adalah anjing bisa dilatih dan bekerja. Malahan anjing bisa membantu polisi mengungkap kriminalitas, sekaligus menjaga keamanan.

Pandangan itu salah. Sejumlah peneliti malah tidak memasukkan anjing di dalam daftar. Justru kambing. Kok kambing?

Melansir IDN Times, sejumlah peneliti menempatkan kambing, simpanse, lumba-lumba, gurita, dan lebah sebagai hewan pintar.

Kambing dikaitkan dengan perilaku dungu. Itulah mengapa Ilmuwan berpikir bahwa kambing jauh lebih pintar. Sekelompok peneliti Australia memutuskan untuk menguji kambing.

Kemudian mereka menyiapkan alat yang menahan buah di ujungnya. Untuk mengakses camilan yang lezat, kambing harus menggunakan gigi untuk menarik tali ke bawah. Jika mereka bisa mengetahui semua itu, buah itu milik mereka. 9 dari 12 kambing sukses menjalani tugasnya setelah sekitar 4 kali mencoba.

Banyak yang berpikir bahwa simpanse adalah “saudara terdekat” manusia. Diteliti bahwa manusia berbagi hampir 99 persen DNA yang sama dengan simpanese. Selain DNA, primata ini mendapatkan beberapa bagian kemampuan otak manusia juga.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2007, para ahli memberikan simpanse dewasa, simpanse remaja, dan mahasiswa tes kognitif yang sama. Ujian itu melibatkan mengingat daftar angka, dari 1-9, yang ditampilkan di monitor layar sentuh.

Simpanse dan manusia sama-sama melihat angka di lokasi mereka kurang dari satu detik. Kemudian mereka diminta untuk mengingat di mana angka-angka itu dan menunjukkannya kepada para peneliti.

Primata dewasa dan manusia melakukan hal yang sama. Namun, sejumlah simpanse muda membuat mereka terasa gak ada apa-apanya. Simpanse dewasa sanggup mengingat setiap lokasi nomor dengan akurasi yang jauh lebih baik.

Sulit membayangkan burung gagak sepintar manusia. Malah lebih pintar. Tetapi para ilmuwan telah melakukan serangkaian penelitian yang membuktikan bahwa gagak mungkin sama baiknya dalam memecahkan masalah.

Dalam sebuah penelitian, para ahli memberi gagak dan manusia teka-teki yang sama. Yakni menempatkan mainan mengapung di atas air di dalam gelas yang tinggi.

Tentu sulit bagi burung untuk meraih dasar menggunakan paruhnya. Begitu juga bagi anak kecil untuk menempatkan tangan mereka ke dalam.

Apa yang terjadi, gagak sanggup melakukannya. Gambaran pemecahan masalah ada di sini. Oh iya, ada beberapa binatang yang layak masuk kategori pintar versi peneliti. 

Artikel Lainnya