nyedulur.com

Cuci Tangan dengan Sabun Lebih Baik Dibanding Pakai Hand Sanitizer, Ini Alasannya

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: BBC.com.

Sejak pandemi virus corona, masker dan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan wajib ada. Keduanya harus menjadi teman saat meninggalkan rumah. Masker wajib dikenakan, sedangkan hand sanitizer harus menjadi barang bawaan penting di dalam tas.

Keduanya tidak boleh ditinggal. Jangan diceraikan. Dua barang ini membantu melindungi kesehatan diri sendiri maupun orang lain. Sekaligus mencegah penyebaran virus corona.

Menggunakan hand sanitizer sangat dibutuhkan pada saat belanja, masuk toko, kafe, atau ke kantor. Tapi ada hal yang perlu diketahui. Hand sanitizer tidak lebih baik ketimbang menggunakan sabun cuci tangan.

Catatan Insider melalui Suara menulis pada Jumat 1 januari 2021, bahwa hand sanitizer memang cepat dan praktis. Nggak perlu air untuk membersihkan tangan.

Satu lagi, hand sanitizer mengandung isopropanol (alkohol) atau etanol. Yaitu bahan yang ada dalam minuman beralkohol, dan bisa membunuh kuman maupun virus.

Tapi menurut ahli mikrobiologi, Alex Berezow bahwa hand sanitizer memerlukan cara dan prosedur yang tepat. Terutama untuk membunuh kuman secara maksimal. Inilah yang membuat hand sanitizer tidak lebih baik daripada air dan sabun untuk mencuci tangan.

“Orang-orang pada umumnya tidak menggunakan hand sanitizer dengan jumlah yang tepat, atau tidak mengoleskannya dengan benar di seluruh tangan, padahal itu adalah langkah penting,” kata Berezow.

Agar hand sanitizer bekerja maksimal, pengguna harus mengoleskannya secara merata di seluruh tangan. Kemudian tunggu hand sanitizer mengering. Berezow menyatakan polesan hand sanitizer butuh waktu sekitar 20 detik.

Hal lain yang membuat cuci tangan pakai sabun lebih unggul, adalah hand sanitizer tidak punya kemampuan untuk membuang virus atau bakteri dari tangan.

Sedangkan saat mencuci tangan, virus dan bakteri akan terbuang mengalir bersama air. Virus dan baketeri sudah pasti mati. Berapa kali membersihkan tangan dalam sehari?

Artikel Lainnya