Cuan, Petani Mojokerto Nikmati Melejitnya Harga Cabai, Borong 50 Motor, Avanza hingga Bangun Rumah

Nyedulur
  • 21 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Radar Mojokerto.

Aksi borong mobil tidak hanya dilakukan warga Tuban. Petani Mojokerto juga melakukan hal serupa. Meski tidak seheboh pembelian ratusan mobil warga Jenu, Tuban beberapa bulan lalu, setelah mendapat cuan dari pembebasan lahan kilang minyak.

Kali ini sejumlah petani cabai asal Desa Pucuk, Mojokerto menikmati mahalnya harga cabai. Cuan yang mereka dapat dari pedasnya harga cabai digunakan untuk membeli motor dan mobil.

Mengutip Kompas, Listyono (56), salah satu petani cabai Desa Pucuk mampu membeli mobil bekas untuk anaknya. Bahkan dia membeli mobil Toyota Avanza warna putih seharga Rp 145 juta sekitar satu bulan lalu.

Kemudian, sebagian hasil penjualan panen cabai ditabung untuk persiapan menyambut lebaran Idul Fitri 2021.

“Saya tidak menyangka bisa membeli mobil dari hasil panen cabai,” katanya.

Listyono mengaku sudah menjadi petani selama 18 tahun di Dawarblandong. Harga cabai rawit tahun 2021 ini paling mahal dan bertahan lama.

Kepala Desa Pucuk, Nanang Sudarmawan mengatakan, harga cabai yang meroket membuat petani mampu membeli motor dan mobil. Bahkan ada ada juga yang membangun rumah dari hasil panen cabai rawit.

“Kalau jumlah kendaraan yang dibeli itu setahu saya sampai saat ini ada puluhan, sekitar 30-50 motor. Memang paling banyak motor Scoopy, ada juga motor PCX dan juga dua mobil,” ujar Nanang saat ditemui di kediamannya.

Dikatakan Nanang, para petani cabai ramai-ramai membeli kendaraan baru secara bertahap sejak awal Maret 2021.

Paling banyak petani cabai yang memborong motor berada di Dusun Pucuk yang wilayahnya lebih luas dan mayoritas penduduknya adalah petani cabai.

Nanang menyebut harga cabai dalam masa panen di Dawarblandong tahun 2021 ini memang relatif bagus dan bertahan lama hampir 1,5 bulan.

Harga cabai rawit di tingkat petani dari Rp50.000 per kg saat awal panen dan pada Februari terus merangkak naik hingga puncaknya mencapai Rp 90.000 hingga Rp 95.000 per kilogram.

Artikel Lainnya