Coba Konsumsi Makanan Ini, Kaya Kandungan Omega, Bisa Sehatkan Paru-paru

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Tidak semua lemak itu buruk. Ada lemak yang memang dibutuhkan untuk kesehatan organ tubuh. Sebut saja lemak omega 3 yang bisa menjaga paru-paru tetap sehat. Terlebih pandemi Covid-19 ini belum jelas kapan selesainya. 

Beberapa vitamin dan produksi energi juga membutuhkan kehadiran lemak dalam tubuh. Inilah pentingnya untuk tidak memangkas habis asupan lemak. Melainkan mengganti pilihan makanan sumber lemak menjadi yang lebih sehat.

Salah satu lemak sehat dimiliki oleh omega 3. Asam lemak omega 3 bahkan memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan berfungsinya tubuh dan organ tubuh. Terutama efeknya pada jantung. Demikian dikutip dari Detik.

Omega 3 bukan hanya sekadar dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Tetapi juga dapat mengurangi risiko kematian yang diakibatkan oleh masalah pada jantung.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya lemak omega 3 dapat menurunkan risiko asma yang disebabkan oleh polusi.

Penelitian lainnya yang dilakukan Queen Mary University di London, pola makan yang kurang seimbang dan memenuhi nutrisi dapat meningkatkan risiko asma.

Para peneliti menyimpulkan bahwa setidaknya salah satu sumber omega 3 harus dikonsumsi sejak anak-anak untuk menghindari asma.

Jadi berikut beberapa empat bahan makanan yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3.

Ikan yang mengandung lemak tinggi seperti salmon, makarel, dan udang merupakan sumber omega 3 terbaik. Bahan maknan ini mengandung lemak total sebanyak 13 gram dengan kandungan lemak sehat 7.7 gram.

Sebaiknya olah ikan berlemak dengan cara sehat. Seperti dikukus, dibakar, dipanggang atau ditim dan tambahkan sayuran segar sebagai pelengkapnya.

Mengonsumsi walnut atau kacang-kacangan yang mengandung banyak anti inflamasi. Sebab walnut membantu mencegah inflamasi pada paru-paru. Walnut mengandung 0% kolesterol dengan total lemak sehat sebanyak 56 gram per 100 gram walnut.

Artikel Lainnya