nyedulur.com

Coba Diet Intermittent Fasting, Nggak Susah, Mirip Orang Berpuasa, Rasakan Manfaatnya

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Healthline.

Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari berolahraga, menjaga pola makan hingga diet atau membatasi makan.

Oh iya, bicara soal diet, ada banyak mcamnya. Mulai dari diet karbo, vegan, vegetarian, mediternia, paleo, dan masih banyak lagi. Ternyata ada juga intermittent fasting. Apa itu?

Dikutip dari Tirto, intermittent fasting (IF), bisa juga disebut diet puasa. Diet ini merupakan metode yang dilakukan dengan cara berpuasa makan selama beberapa waktu yang ditentukan. Tetapi tetap bisa mengonsumsi minuman.

Tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi berat badan, IF juga bisa menyehatkan sel dan hormon. Cara diet ini mirip dengan puasa yang dilakukan oleh orang muslim.

Yakni dalam sehari mereka berpuasa selama 16 jam. Setelah itu diperbolehkan makan berat. Hal yang menyenangkan, diet IF tidak menentukan jenis makanan apa yang akan dikonsumsi.

Namun, hanya dilakukan pembatasan tentang waktu makan. Umumnya pelaku IF berpuasa 16 jam dalam satu hari, atau puasa 24 jam, dua kali dalam sepekan.

Pola makan ini tidak hanya bisa menurunkan berat badan. Seseorang akan mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh secara keseluruhan. Puasa bisa memperbaiki keadaan fisik, bahkan sampai ke tingkat sel dan hormon.

Berpuasa juga sanggup meningkatkan hormon pertumbuhan sampai lima kali lipat. Hal tersebut memengaruhi penurunan jumlah lemak dan penambahan massa otot.

Di samping itu, puasa sangat baik untuk mengontrol gula darah. Selama puasa bisa meningkat sensitivitas insulinnya dan menurunkan jumlahnya. Well, cobalah diet IF lantaran banyak manfaatnya.

Artikel Lainnya