nyedulur.com

Ciptakan Kesejukan di Dalam Rumah, Bebas Gerah dan Hemat Listrik, Coba Cara Ini

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Furnizing

 

Di musim penghujan seperti ini, kelembaban udara meningkat. Udara yang lembab itu kerap membuat gerah penghuni rumah.

Banyak orang yang menggunakan pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC) untuk memastikan udara di rumah menjadi sejuk. Tapi risiko yang terjadi adalah pemakaian listrik bisa melonjak. Dampaknya, pengeluaran bisa membengkak.

Sebetulnya ada cara lain yang bisa membuat suasa rumah menjadi sejuk. Tidak perlu AC. Langkah paling penting bukalah jendela dan pintu setiap pagi, sore, dan malam.

Dikutip dari Liputan6, langkah ini membuat udara dari luar masuk, sedangkan yang ada di dalam ruangan bisa keluar. Udara bisa mengalir seara alami

Agar pertukaran udara berjalan baik, perlu dibuat ventilasi silang (cross ventilation). Setidaknya dengan dua buah jendela atau lubang angin yang berhadapan. Hindari perabotan yang besar di dekat ventilasi.

Untuk menghindari udara panas di dapur dan kamar mandi, penggunaan exhaust fan menjadi hal wajib. Exhaust fan berfungsi mengisap udara di dalam ruangan untuk dibuang keluar. Pada saat bersamaan, menarik udara segar dari luar ke dalam ruangan.

Gunakan bahan katun atau linen untuk seprai, sarung sofa, gorden. Termasuk karpet. Perbanyak tanaman di sekitar rumah. Terakhir gunakan kipas angin untuk menghemat listrik daripada AC. Cobalah dipraktikkan.

Artikel Lainnya